Pengertian Penawaran Barang Dan Jasa Beserta Faktornya

Pengertian Penawaran Barang Dan Jasa Beserta Faktornya



Pada Bab 1 telah dijelaskan bahwa selain adanya barang atau jasa dan kegiatan permintaan diperlukan pula kegiatan penawaran untuk terjadinya transaksi. Kegiatan penawaran merupakan bentuk usaha produsen dalam memenuhi kebutuhan konsumen atas barang dan jasa. Berapa besar jumlah hasil produksi yang dapat ditawarkan produsen di pasar? Dalam hal ml produsen tidak dapat menentukan sendiri jumlahnya karena banyak faktor yang mempengaruhi. Agar dapat memahaininya pelajari secara saksama materi pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhmnya berikut ini.

Pengertian Penawaran Barang dan Jasa


Coba kamu perhatikan perilaku para produsen atau pedagang yang ada di sekitar tempat tinggalmu, seperti toko roti. tukang bakso, dan pedagang kaki lima. Berbagai cara mereka lakukan agar konsumen berminat membeli barang yang ditawarkannya. Dan mengemasnya dengan rapi dan menarik sampai memberikan harga yang sesuai. Apakah dengan harga yang ditetapkan barang dagangan tersebut akan laku terjual? Pertanyaan ini selalu muncul dalam benak produsen karena jawabanya akan mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan selanjutnya. Jika tidak, ada kemungkmnan produsen akan mengurangi jumlah barang yang akan ditawarkan. Sebaliknya, produsen akan menambah penawaran jika barang tersebut laku terjual.



Agar lebih jelasnya coba perhatikan contoh berikut i. Tuan Ismail pergi ke pasar untuk menjual 10 ekor ayam. Ia mengharapkan ayamnya laku terjual seharga Rp40.000,00 per ekor. Namun, di luar harapan ayam-ayam tadi hanya ditawar Rp25.000,00 per ekor. Melihat kondisi itu Tuan Ismail kembali mempertimbangkan niatnya untuk menjual seluruh ayam yang dibawa. Satu sisi Ia akan rugi jika menjual seluruh ayam tersebut karena tidak sebanding dengan biaya yang sudah dikeluarkan. Di sisi lain ía sangat membutuhkan uang untuk membayar uang sekolah anaknya. Setelah memperhitungkan dengan masak-masak akhirnya Tuan Ismail memutuskan hanya 6 ekor ayam yang dijual. sisanya yang 4 ekor dibawa pulang sambil menunggu harga naik. Dengan deinilkian, ayam yang ditawarkan Tuan Ismail telah berkurang dan 10 ekor menjadi 6 ekor. Dan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga. waktu, dan tempat tertentu.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran


Seperti halnya kegiatan permintaan, selain harga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tinggi-rendahnya kegiatanpenawaran. Faktor-faktor tersebut terdiri dan biaya produksi, tingkat teknologi. harga barang lain, dan tujuan perusahaan.  Biaya produksi adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang/ jasa. Tinggi rendahnya biaya produksi sangat berpengaruh terhadap jumlah barang atau jasa yang akan ditawarkan di pasar. Jika biay produksi tinggi umumnya podusen akan mengurangi kegiatan produksi, akibatnya jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang. Sebaliknya, jika biaya produksi rendáh produsen cenderung akan meningkatkan hasil produksi sehingga jumlah barang yang akan ditawarkan bertambah. Dan tingkat teknologi, harga barang lain serta tujuan perusahaan.
Sumber Pustaka: Yudhistira