Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Pengertian Penelitian


Dahulu, apabila mendengar kata “penelitian”, orang sering membayangkan berbagai kegiatan para ahli yang disibukkan dengan berbagai kegiatan mencampur berbagai jenis zat-zat, mengamati apa yang akan terjadi, dan kemudian menyimpulkan hasil dan kegiatan tersebut untuk segera dimasyarakatkan. Dengan demikian, seolah-olah hanya para ahlilah yang berhak untuk mengadakan penelitian. Anggapan tersebut keliru. Pada dasarnya, semua orang dapat mengadakan penelitian di seluruh bidang ilmu sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.



Contoh:
  1. Seorang tukang masak atau tukang membuat kue berkalik ali membuat suatu resep masakan agar dapat menghasilkan masakan atau kue yang enak dan lezat. Melalui percobaan-percobaan tersebut, sebenarnya tukang masak atau tukang kue tersebut telah mengadakan suatu penelitian.
  2. Seorang guru mengadakan penelitian di bidang pendidikan, seperti bagaimana mencari suatu metode mengajar yang jitu guna menghasilkan anak didik yang cerdas.
  3. Seorang siswa melakukan penelitian tentang keterlibatan remaja mengkomsumsi obat-obatan terlarang, tawuran, dan sebagainya.

Pendapat para ahli tentang penelitian


Ada beberapa pendapat para ahli tentang penelitian. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Menurut Marzuki, penelitian adalah suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari, dan menganalisis fakta-fakta mengenai suatu masalah.
  • Menurut Supranto, penelitian dan suatu bidang ilmu pengetahuan adalah kegiatan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, dan sistematis.
  • Menurut Sutrisno Hadi, penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan sesuatu untuk mengisi kekosongan atau kekurangan, mengembangkan atau memperluas, dan menggali lebih dalam apa yang telah ada, serta menguji kebenaran terhadap apa yang sudah ada tetapi masih diragukan kebenarannya. Dan beberapa definisi tersebut, dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut.
  • Penelitian adalah suatu usaha menarik suatu kesimpulan yang dapat dipercaya kebenarannya, yang dilakukan dengan sadar dan teliti menurut prosedur ilmiah tertentu.
  • Penelitian adalah suatu aktivitas ilmiah yang menggunakan metode ilmiah logis dan sistematis untuk menguji atau verifikasi satu atau beberapa hipotesis terhadap satu atau beberapa masalah di dalam dunia empiris melalui pengumpulan data (data collecting).
  • Penelitian adalah suatu proses atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk mendapatkan pemecahan masalah atau jawaban terhadap pertanvaan-pertanyaan tertentu.

Kegunaan penelitian


Ditinjau dan kepentingan ilmu pengetahuan. penelitian merupakan alat utama yang dipergunakan manusia untuk melakukan hal-hal berikut.
  1.  Memperkuat ilmu pengetahuan.
  2. Membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
Pengetahuan tidak akan bertambah maju tanpa adanva penelitian. Padahal, pengetahuan adalab dasar semua tindakan dan usaha. Penelitian sebagai dasar untuk meningkatkan pengetahuan harus diadakan agar usaha manusia dapat meningkat.
Sumber Pustaka: ESIS