Pengertian Sikap Dan Perilaku Tanggung Jawab Dalam Berbangsa Dan Bernegara

Pengertian Sikap Dan Perilaku Tanggung Jawab


Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti hidup berd ampingan bersama masyarakat yang ada di sekelilingnya. Manusia tidak dapat bersikap apatis (acuh tak acuh) dan bertindak individualis (mementingkan kepentingannya sendiri) dalam lingkungannya. Hal ini disebabkan manusia meiniliki dua macam kepentingan yang saling berkaitan, yaitu kepentingan pribadi dan kepentingan bersama. Dua macam kepentingan ini hendaknya berjalan selaras. Namun, ada kalanya setiap orang harus lebih mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadinya.

Di lingkungan masyarakat, kita harus dapat beradaptasi dengan sebaik-baiknya. Kita harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku, ikut serta dalam kegiatan-kegiatan bermasyarakat, dan berpartisipasi dalam perkembangan dan kemajuan masyarakat. Dengan demikian, majumundur dan baik-buruknya lingkungan masyarakat menjadi tanggung jawab setiap orang yang hidup di dalamnya. Apabila timbul permasalahan yang menyangkut kepentingan umum dalam masyarakat, sebaiknya dipecahkan atau diputuskan secara berembuk dengan cara musyarawah. Hasil musyawarah itu mempakan tanggung jawab bersama pula. Untuk mempermudah memahaini arti tanggung jawab, berikut ini beberapa contoh sikap dan perilaku tanggung jawab.


Contoh 1:

Iwan adalah seorang anak sulung dan tiga bersaudara. Ayahnya telah meninggal duma pada saat Iwan duduk di kelas 3 SMU. Untuk menafkahkan anak-anaknya, Ibunya bekerja sebagai seorang pedagang makanan kecil yang diedarkan di lingkungan dekat rumah. Namun, keuntungan dan dagangannya itu hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-harinya saja. Sementara itu, kedua adiknya masih memerlukan biaya untuksekolah mereka. Sebagai anak tertua, Iwan harus meinikul tanggung jawab keluarganya.

Contoh 2:

Tepat pukul 7 pagi, setiap siswa harus masuk kelas masing-masing untuk mengikuti mata pelajaran. Pernyataan ini merupakan sebuah aturan yang berlaku di sekolah bagi semua siswa tanpa terkecuali. Apabila seorang siswa datang terlambat maka ia akan dikenai sanksi, seperti tidak boleh mengikuti mata pelajaran pertama, membersihkan ruang guru, atau lan mengelilingi halaman sekolah. Dengan deinikian, siswa harus meiniliki tanggung jawab dengan mengikuti aturan sekolah yang ada.

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku untuk menanggung segala akibat yang timbul dan suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang dalam organisasi. Tanggung jawab juga dapat berarti meinikul atau menanggung beban yang menjadi suatu kewajiban.

Rasa tanggung jawab sangatpenting diiniliki oleh seseorang atau sekelompok orang dalam setiap tindakan dan perbuatannya. Jika terjadi suatu masalah, kita wajib menanggung segala akibat yang ditimbulkan oleh masalah tersebut. Tanggung jawab dapat dikembangkan dalam kehidupan individu/pribadi dan kehidupan sosial/umum. Tanggung jawab dalam keh idupan pribadi merupakan tanggung jawab seseorang terhadap kepentingan pribadinya, terhadap sikap, perilaku, dan tindakan yang ia lakukan sendiri, baik kepada dirinya maupun kepada orang lain.

Tanggung jawab dalam kehidupan sosial I umum adalah tanggung jawab sekelompok orang yang memutuskan atau melakukan sesuatu secara bersamaan. Terhadap keputusan dan tindakannya tersebut, mereka aturan dan harus bertanggung jawab secara bersamaan pula. Apabila terjadi suatu hal, kita boleh menuntut atau memperkarakannya. Rasa tanggung jaWab akan membentuk seseorang atau sekelompok orang berhati-hati dalam bersikap dan bertindak, sehingga tidak melakukan apapun secara sewenang-wenang.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih