Pentingnya Keberadaan, Kegunaan, Dan Pengamalan Pancasila bagi Kehidupan Masyarakat, Bangsa, Dan Negara

Pentingnya Keberadaan, Kegunaan, Dan Pengamalan Pancasila bagi Kehidupan Masyarakat, Bangsa, Dan Negara



Kelangsungan hidup negara Indonesia yang merdeka, bersatu, dan berdaulat yang berdasarkan Pancasila menjadi tanggung jawab setiap warga negara. dan seluruh bangsa Indonesia. Sejarah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang memberi kekuatan hidup bagi bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.



Pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa yang telah diuji kebenarannya, keampuhannya dan kesaktiannya, sehingga tidak ada satu kekuatan pun yang mampu memisahkan Pancasila dan kehidupan bangsa Indonesia.

Menyadari bahwa untuk melestarikan keampuhan dan kesaktian Pancasila perlu diusahakan secara nyata dan terusmenerus, maka nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus dihayati dan diamalkan oleh setiap warga negara Indonesia, penyelenggara negara, serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah. Untuk memungkinkan dan memudahkan pelaksanaan penghayatan dan pengamalan Pancasila diperlukan suatu pedoman, yang dapat menjadi penuntun dan pegangan hidup bagi sikap dan tingkah laku manusia Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan