Pentingnya Melakukan Perbuatan Yang Bemianfaat Bagi Kepentingan Umum

Pentingnya Melakukan Perbuatan Yang Bermanfaat Bagi Kepentingan Umum



Dalam menjalani hidupnya, manusia berada dalam tata aturan tertentu yang merupakan norma hidupnya. Perilaku yang bermanfaat bagi kepentingan umum sebenarnya telah di atur oleh norma yang terdapat di dalam masyarakat. Begitu juga dasar negara kita, yaitu Pancasila secara lengkap telah memberikan tuntunan kepada kita agar gemar melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi kepentingan umum. Jika dilihat dan sudut pandang Pancasila kita dapat mengetahui betapa pentingnya melakukan perbuatan yang bermanfaat bagi kepentingan umum. Kita lihat uraian tuntunan Pancasila di bawah ini.



Ketuhanan Yang Maha Esa


Manusia yang bertakwa adalah manusia yang mau menjalankan perintah dan mau meninggalkan larangan Tuhan Yang Maha Esa. Semua agama menganjurkan kepada umatnya untuk tolong-menolong, berbuat kebajikan, dan menghindarkan perbuatan kejahatan.

Kemanusiaan yang adil dan beradab


Manusia yang beradab adalah manusia yang senang melakukan perbuatan yang mengunt ungkan dan bermanfaat bagi kepentingan urnum. Manusia yang baik adalah yang suka berbuat adil, mau membela kepentingan umurn sekalipun secara pribadi orang tersebut menderita kerugian.

Persatuan Indonesia


Persatuan Indonesia tidak akan terwujud, apabila orang-perorang melakukan perhuatan yang merugikan kepentingan umum, karena kepentingan umum merupakan salah satu aspek yang mempererat persatuan.Perbuatan yang merugikan kepentingan umum jelas akan berakibat timbul ketidakcocokan antara orang tersebut dengan kepentingan umum. Dari sini akan muncul benih-benih perpecahan yang akan memporakporandakan persatuan Indonesia

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan


Secara analogis kita dapat mengatakan bahwa kepentingan umum adalah kepentingan yang diharapkan dan diinginkan oleh umum atau orang banyak. Apabila kepentingan umum dirusak atau dirugikan berarti bertentangan dengan hapan, cita-cita dan keinginan orang banyak, sehingga bertentangan dengan nilai kedaulatan rakyat.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Perbuatan yang bermanfaat bagi kepentingan umum jelas merupakan salah satu tindakan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena tindakan mi.secara tidak langsung akan membawa suasana masyarakat yang tenteram, damai, danbahagia.

Begitu pentingnya makna perbuatan yang bermanfaat bagi kepentingan umum, maka sejauh mungkin menghindari perbuatan yang merugikan kepentingan negara dan kepentingan umum, misalnya sebagai berikut.

  1. Merusak milik negara atau milik umum, seperti merusak telepon umum, menebang hutan semaunya, dan sebagainya.
  2. Mengotori taman nasional atau obyek wisata, contohnya: melakukan corat-coret, merusak tanaman yang ada di dalamnya.
  3. Membiarkan atau membuat polusi atau pencemaran, seperti : membuang sampah di semb arang tempat, tidak mengolah limbah pabrik/perusahaan.
  4. Korupsi atau penyalahgunaan kekuasaan atau jabatan untuk kepentingan pribadi yang merugikan kepentingan masyarakan dan negara.
  5. Tidak peduli dengan kelestarian lingkungan alam.
  6. Membuat kegaduhan waktu teman-teman sedang belajar.
  7. Mencoret-coret dinding sekolah, merusak WC sekolah dan sebagainya.
Sumber Pustaka: Pabelan