Pentingnya Mendahulukan Tugas Dan Tanggung Jawab Bersama Untuk Mewujudkan Cita-Cita Negara

Pentingnya Mendahulukan Tugas Dan Tanggung Jawab Bersama Untuk Mewujudkan Cita-Cita Negara



Rakyat Indonesia sebagai warga negara dan warga masyarakat, dituntut untuk memperhatikan dan mengutamakan kebersamaan dan kekeluargaan. Masyarakat Indonesia wajib menempatkan kepentlngan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Apabila kepentingan pribadi dan golongan ditempatkan di atas kepentingan negara dan bangsa, berarti akan merusak dan menghancurkan negara dan bangsa, dan berarti juga kerusakan dan kehancuran tiap pribadi dan golongan warga negara. Sebagai rasa tanggung jawab kita terhadap kepentingan umum, maka hendaknya mengamalkan nilai-nilai berikut.


  1. Merasa ikut memiliki sesuatu yang menjadi milik umum atau kepentingan umum serta milik atau kepentingan bangsa dan negara.
  2. Ikut mempertahankan milik bersama atau kepentingan umum dengan penuh tanggung jawab.
  3. Berani berterus terang dan mawas din dalam berbuat untuk mengutamakan kepentingan bersama.
Nilai-nilai tersebut merupakan modal mental yang wajib kita pupuk agar berhasil dalam membangun bangsa. Rasa ikut memiliki sesuatu yang menjadi kepentingan bangsa mendorong kita untuk bertanggungjawab atas maju mundurnya bangsa. Kesanggupan dan kerelaan untuk memelihara milik umum merupakan salah satu modal utama bagi kesanggupan dan kerelaan berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Kewajiban kita adalah memelihara lembaga yang berfungsi untuk kepentingan masyarakat yang luas, yang diatur dalam Pasal 33 ayat 2 dan ayat 3 UUD 1945. Di sini dijelaskan bahwa kepentingan bangsa dan negara terletak di atas kepentingan pribadi atau golongan.
Sumber Pustaka: Pabelan