Pentingnya Menegakkan Kehidupan Demokrasi Pancasila Dalam Membina Kehidupan Yang Tertib, Aman, Dan Tenteram

Pentingnya Menegakkan Kehidupan Demokrasi Pancasila Dalam Membina Kehidupan Yang Tertib, Aman, Dan Tenteram



Dalam rangka mewujudkan tujuan nasional, maka dapat ditempuh beberapa jalan antara lain dengan mulai membina dan menegakan kehidupan yang tertib dan tenteram. Hal tersebut dapat diwujudkan antara lain melalui hidup disiplin yang dapat di mulai sejak dan masyarakat yang kecil hingga yang besar, yaitu sebagai berikut.



Keluarga


  1. Peranan keluarga sangat penting, karena keluarga merupakan awal dalam melaksanakan serta mengamalkan agama dan GBHN. Dengan mengamalkan keduanya, diharapkan dapat mendidik generasi muda yang memiliki watak kuat, termasuk disiplin yang tinggi.
  2. Peranan keluarga juga penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang terkenal dengan tripusat pendidikan, yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat.
  3. Melalui keluarga diharapkan dapat mematahkan segala ancaman yang dihadapinya sesuai dengan ada kebiasaan setempat.

Peranan masyarakat


  1. Kepemimpinan masyarakat seperti di bidang adat dan agama dapat meningkatkan kedalaman dan keluasaan pembinan mental, moral, karakter, dan disiplin warganya, baik secara individual maupun melalui keluarga masing-masing.
  2. Kepemimpinan generasi muda perlu nienyumbangkan dan memasyarakatkan citra generasi muda Indonesia yang berdisiplin, baik dalam sikap, perilaku, dan perbuatannya.

Peranan negara


  1. Menciptakan suasana penegakkan hukum yang cepat, taat, adil, dan menghukum pelanggar secara konsisten dan konsekuen.
  2. Menumbuhkan rasa ikut bertanggungjawab terhadap pembangunan bangsa.
Sumber Pustaka: Pabelan