Peran Penting Masyarakat Terhadap Kinerja DPRD

Peran Penting Masyarakat Terhadap Kinerja DPRD



DPRD, yang beranggotakan para wakil rakyat, berfungsi sebagai pengawas jalannya pemerintahan daerah. Bersama dengan kepala daerah, DPRD bertugas menetapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Beanja Daerah (RAPBD) dan Peraturan Daerah.

Sebagal warga negara yang berdomisili atau bertempat tinggal di daerah, kita merasa bangga bila wakil-wakil rakyat yang duduk di DPRD mampu menyampaikan aspirasi rakyat. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang balk, kita hendaknya selalu menghormati dan menghargai serta mendukung kinerja DPRD yang telah membawa aspirasi rakyat tersebut.



Ada dua faktor pendukung agar DPRD dapat menjalankan fungsi pengawasannya dengan balk, yaltu

  • Faktor internal, yakni faktor yang berasal dan dalam DPRD itu sendiri, dalam arti bahwa anggota DPRD sebagai wakil rakyat, harus terus menerus berusaha untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Adanyapeningkatan kualitas kinerjaini merupakan syarat agar kepentingan rakyat terpenuhi. Sebagai bentuk peningkatan kualitas kinerja mi, tercermin dan penghargaan terhadap aspirasi yang muncul dan berbagai pihak. Aspirasi yang muncul dan berbagai pihak tersebut ditampung, diproses, dan dibahas secara demokratis. Dengan cara mi, diharapkan tugas dan fungsi pengawasan DPRD akan mampu mendorong jalannya pemerintahan di daerah agar menjadi lebih baik dan berpihak pada kepentingan rakyat di daerah yang bersangkutan.
  • Faktor eksternal, yakni faktor yang berasal dan luar DPRD, yang berupa partisipasi masyarakat. Sebagai warga negara, hendaknya kita selalu memberikan masukan kepada DPRD dalam berbagai bidang kehidupan, antara lain sebagai berikut:
    (1) menyampaikan masukan tentang permasalahan irigasi yang sangat dibutuhkan masyarakat petani di desa;
    (2) menyampaikan masukan tentang permasalahan politik uang ketika terjadi pemilihan calon kepala daerah dan wakilnya;
    (3) menyampaikan masukan tentang permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dengan cara-cara tersebut diharapkan semangat kerja DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya menjadi lebih baik, sehingga akhirnya masyarakatlah yang diuntungkan. Sebaliknya, jika kita enggan untuk berpantisipasi dalam memberikan masukan tentang berbagai permasalahan yang muncul di daerah kita. maka kita sendinilah yang akan menanggung risikonya.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact