Perilaku Disiplin Dalam Berbagai Kegiatan Dalam Berbangsa Dan Bernegara

Perilaku Disiplin Dalam Berbagai Kegiatan



Sudah terbiasakah kamu berdisiplin dalam melakukan semua pekerjaanmu? Sebutkan perilaku disiplln apa saja yang sering kamu lakukan?

Sikap dan kebiasaan hidup disiplin harus dilakukan dalam setiap kegiatan. Keselarasan dan keserasian akan tercipta apabila tiap-tiap orang selalu membiasakan diri berperilaku disiplin dalam berbagai kegiatan yang dilakukannya.



Sebagai contoh, berikut ini penjelasan beberapa perilaku disiplin dalam berbagai kegiatan.

Disiplin dalam Melaksanakan Tugas


Dalam melaksanakan tugas, kita harus selalu berdisiplin. Tanpa disiplin, keberhasilan dan kesuksesan akan sulit kita dapatkan. Menjadi apa pun, disiplin harus kita iniliki, tanpa peduli dengan kedudukan atau jenis pekerjaan yang kita lakukan. Segala macam pekerjaan, seperti menjadi dokter, pejabat negara, sopir, karyawan, pengacara, dan pelajar memerlukan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Pedagang yang tidak disiplin dalam menjalankan perdagangannya, akan terancam merugi. Demikian juga dengan pejabat negara, yang tidak disiplin tidak akan bertahan lama. Seorang sopir bis angkutan umum, apa bila ia tidak disiplin dalam mengendarai kendaraannya dan tidak menaati peraturan lalu lintas, ia akan membahayakan dirinya dan orang banyak, baik yang berada di dalam bis maupun di jalan raya. Begitu pula seorang dokter yang tidak berdisiplin dalam menjalankan tugasnya, akan banyak mengakibatkan jatuhnya korban manusia. Bagaimanakah denganmu? Apakah kamu sudah berdisiplin dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadamu?

Semakin jelaslah bahwa dalam melajs anakan tugas sehari-hari, disiplin merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tanpa disiplin, kita tidak akan menjadi sukses dalam setiap bidang yang kita tekuni.

Disiplin dalam Belajar


Dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah, diperlukan sikap dan perilaku disiplin agar membuahkan hasil yang gemilang Ingat! tak ada pelajar yang mencapai prestasi yang tinggi, tanpa sikap dan perilaku disiplin. Seorang bintang pelajar adalah siswa yang memiliki sikap dan perilaku disiplin dalam menekuni pelajarannya.

Untuk menjadi siswa yang berhasil, langkah pertama yang harus dilakukan ialah membiasakan disiplin dalam belajar, rajin dan tidak mudah terombang-ambing oleh pengaruh-pengaruh buruk yang menyesatkan. Karena itu, kita harus membuat jadwal belajar dan menaatinya.

Sebagai pelajar SLTP, semestinya kita membiasakan diri belajar di rumah 4 - 5 jam sehari. Bagaimana denganmu? Sudahkah kebiasaan ini dilakukan dengan cara disiplin?

Disiplin dalam Menggunakan Waktu


Waktu yang sudah terlewati tidak dapat terulang kembali. Waktu akan terus berlalu. Karena itu, kita harus berdisiplin dalam menggunakan waktu. ingat! waktu adalah uang. Artinya, apabila kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, kita akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Sebaliknya, bila tidak mampu memanfaatkannya dengan balk, waktu akan berlalu begitu saja, tanpa member keuntungan kepada kita.

Ciri orang yang berdisiplin ialah selalu pandai memanfaatkan waktu. Ia benar-benar menghargai waktu dan tidak menyian yiakannya. Sebagai pelajar, kebiasaan disiplin dalam menggunakan waktu ini hendaknya benar-benar menjadi kepribadian yang tidak dapat dipisahkan. Datanglah ke sekolah tepat pada waktunya dan pulanglah ke rumah sesuai dengan waktu yang semestinya.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih