Perilaku Menjaga Harga Diri Dan Kehormatan Bangsa

Perilaku Menjaga Harga Diri Dan Kehormatan Bangsa



Ban ggakah kamu seba gal bangsa Indonesia? Perilaku apa saja yang kamu tunjukkan untuk menjaga harga diri dan kehormatan bangsa? Menjaga harga diri dan kehormatan bangsa harus dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia dalam setiap lingkungan, baik di keluarga, sekolah maupun masyarakat. Begitu pula bila kita berada di luar negeri, kita harus benar-benar menjaga nama baik dan harga diri bangsa dan negara.



Menjaga Harga Diri dan Kehormatan Bangsa di Lingkungan Keluarga



Warga negara yang memiliki rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia, akan tampak perilakunya di lingkungan keluarga.

Di lingkungan keluarganya, ia selalu mengh ayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai moral kehidupan keluarganya. Ta mempercayai adanya Tuhari Yang Maha Esa serta selalu berusaha menj alankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Tindakannya terhadap semua anggota keluarganya sesuai dengan jiwa dan semangat yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam lingkungan keluarga selalu terjalin rasa kekeluargaan, persatuan, dan kesatuan. Untuk memecahkan permasalahari, selalu diupayakan dengan jalan musyawarah agar tercapai mufakat.

Keadilan bagi seluruh anggota keluarga selalu menjadi tekanan utama kehidupannya dalam berkeluarga. Perilaku-perilaku lain yang dapat dikembangkan untuk menjaga kehormatan diri dan bangsa di lingkungan keluarga, antara lain
  1. menjaga kehormatan diri dan keluarga;
  2. menjaga diri dan sifat ingin menganiaya orang lain;
  3. tidak bergaul bebas dan sopan santun dalam bertingkah laku;
  4. menjauhkan sikap egois;
  5. selalu sabar dalam mencapai tujuan.

Menjaga Harga Diri dan Kehormatan Bangsa di Lingkungan Sekolah


Di lingkungan sekolah, kita pun harus menjaga harga diri dan kehormatan bangsa dengan membiasakan diri melakukan tindakan-tindakan, antara lain
  1. selalu menjalin persatuan dan kesatuan di antara sesama siswa, guru, dan semua komponen warga sekolah;
  2. menghidupkan semangat gotong-royong dan kekeluargaan sebagai budaya bangsa;
  3. belajar dengan giat dan tekun untuk membangun masa depan bangsa dan negara;
  4. selalu berusaha mempelajari dan menghayati Pancasila dan UUD 1945;
  5. taat menjalankan ibadah sebagai wujud rasa percaya dan takwa kepada Tuhari Yang Maha Esa sesuai ajaran agamanya;
  6. selalu mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama;
  7. melaksanakan upacara bendera dengan khidmat dan penuh rasa bangga;
  8. bersikap ramah-tamah dan suka menolong sesama manusia;
  9. bersikap adil terhadap setiap manusia;
  10. mempelajari dan mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia.

Menjaga Harga Diri dan Kehormatan Bangsa di Lingkungan Masyarakat


Menjaga harga diri dan kehormatan bangsa dan negara merupakan keharusan bagi setiap warga negara di lingkungan masyarakat. Perilaku yang menunjukkan sikap menjaga harga din dan kehormatan bangsa di lingkungan masyarakat, antara lain
  1. mau bergotong royong dalam mengerjakan sesuatu yang menyangkut kepentingan umum;
  2. selalu berusaha menghindarkan din dan perbuatan buruk dan tercela;
  3. tidak terpengaruh oleh budaya asing yang datang dan luar;
  4. menjaga persatuan dan kesatuan;
  5. tidak membeda-bedakan suku, golongan dan warna kulit dalam bergaul;
  6. bersemangat mengharumkan nama bangsa.
Bangsa kita selalu berusaha menjaga harga din dan kehormatannya dengan melaksanakan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan harga din dan kehormatan bangsa.

Menjaga harga din dan kehormatan bangsa dan negara tidak hariya dilakukan sekali saja, akan tetapi secara terus-menerus, dan waktu ke waktu, kapan dan dimana pun kita berada. Terlebih-lebih apabila berada di luar negeri, kita harus menunjukkan harga din kita sebagai bangsa Indonesia dengan tidak membocorkan rahasia negara, tidak menjelek-jelekkan bangsa sendiri, dan perbuatan-perbuatan buruk lainnya.

Menjaga harga din dan kehormatan bangsa juga harus kita lakukan dengan cara menentang berbagai macam bentuk penindasan, penjajahari, dan kesewenang-wenangan. Menyaring budaya asing dan memilih budaya yang sesuai dengan kepribadian bangsa kita, bisa dikategorikan sebagai usaha menjaga harga din dan kehormatan bangsa dan negara. Selain itu, menjaga harga din dan kehormatan bangsa, dapat kita lakukan dengan cara saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsab angsa lain di dunia melalui prinsip hidup bertetangga baik, saling menguntungkan, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara masing-masing.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih