Perlu Pentingnya Mendahulukan Kepentingan Umum Di Atas Kepentingan Pribadi Atau Golongan

Perlu Pentingnya Mendahulukan Kepentingan Umum Di Atas Kepentingan Pribadi Atau Golongan



Manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial, maka dalam hidupnya manusia berkedudukan sebagai orang perseorang, sebagai anggota himpunan perorangan atau masyarakat dan anggota suatu bangsa. Manusia d1am kedudukannya mempunyai kebutuhan dan kepentingan. Kepentingan dan kebutuhan manusia dapat dikategorikan merjadi tiga macam yaitu:
  1. kepentingan perorangan atau kepentingan pribadi;
  2. kepentingan golongan atau kepentingan kelompok;
  3. kepentingan bangsa/negara atau kepentingan umum.



Kepentingan pribadi atau kepentingan perseorangan adalah segala kebutuhan atau kepentingan untuk memenuhj kebutuhan perorangan atau kepentingan din sendiri. Setiap orang mempunyai kepentingan dan kebutuhan pribadi, antara yang satu dengan lainnya saling berbeda. Mengingat kepentingan pribadi itu berbeda, maka tiap orang atau tiap pribadi harus dapat mengendalikan din agar kepentingan pribadinya tidak berbenturan dengan kepentingan pribadi yang lain.

Kepentingan golongan adalah segala kepentingan untuk memenuhi kebutuhan kelompok atau kebutuhan golongan, misalnya: organisasi, perkumpulan, partai. Demi tercapainya ketertiban dan ketenangan hidup suatu kelompok atau golongan, maka setiap anggota harus menyesuaikan kepentingannya dengan kepentingan kelompok. Dengan demikian tiap anggota kelompok dituntut untuk membatasi kepentingannya demi keserasian, keselarasan hidup berkelompok. Kepentingan kelompok atau golongan mempunyai kedudukan di atas kepentingan pribadi, oleh karena itu kepentingan golongan harus didahulukan daripada kepentingan pribadi.

Kepentingan umum atau kepentingan bangsa adalah kepentingan untuk memenuhi kebutuhan umum atau kebutuhan bangsa dan negara. Kepentingan bangsa negara mempunyai mempunyai ruang lingkup lebih luas daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Kedudukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan. Demi ketertiban, ketenangan, dan ketenteraman hidup masyarakat, bangsa dan negara, setiap orang dan tiap, golongan harus dapat menyesuaikan kepentingan pribadinya dengan kepentingan bangsa dan negara. Jangan sampai kepentingan bangsa dan negara diabaikan hanya untuk memenuhi kepentingan pribadi dan golongan.
Sumber Pustaka: Pabelan