Posisi Kawasan Amerika Bagian Utara Ditinjau Dan Aspek Politik, Ekonomi, Serta Sosial Dan Budaya

Posisi Kawasan Amerika Bagian Utara Ditinjau Dan Aspek Politik, Ekonomi, Serta Sosial Dan Budaya

Berikut ini adalah posisi kawasan Amerika bagian utara dilihat dari berbagai aspek.

Aspek Politik


Perubahan besar yang teijadi di Eropa Timur dengan ambruknya kekuatan komunis Uni Soviet di pihak Blok Timur, merupakan akhir dan keberadaan blok dunia yang kerap memunculkan kekhawatiran. Paling tidak, bubarnya Uni Soviet dan disusul dengan terbentuknya CIS (Commonwealth of Independent States), yaitu Persemakmuran Negara-negara Merdeka, semakin meyakinkan dunia bahwa era perang dingin yang dipenuhi dengan suasana bahaya nuklir telah berakbir. Namun deinikian, kita tidak dapat secepatnya sepakat bahwa Blok Barat yang dimotori Amerika Serikat (AS) dan koleganya di Eropa Barat mencapai kemenangan dan runtuhnya Uni Soviet selaku motor Blok Timur. 



Wilayah Amerika Utara secara umum merupakan wilayah yang mantap keamanannya. Amerika Serikat dan Kanada merupakan negara yang kaya. Namun tak dapat dipungkiri keruntuhan kekuatan komunis Eropa Timur juga memberikan posisi baru bagi kawasan Amerika Utara (Kanada dan Amerika Serikat). Kasus Perang Teluk yang banyak melibatkan Washington adalah bukti dan kuatnya doininasi Amerika Serikat. Setidaknya Perang Teluk yang bersamaan waktunya dengan revolusi di Uni Soviet menjadi wahana pertama di mana dua kekuatan besar (Amerika Serikat dan Uni Soviet) mengambil kesepakatan untuk mengakhiri ketegangan.

Aspek Ekonomi


Gerakan demokrasi yang telah membawa banyak pengaruh terutama dalam bidang ekonomi menjadikan kawasan Amerika Utara lebih terbuka. Investasi dan negara-negara lain yang mengalir ke sana secara bertahap akan meningkatkan pendapatan masyarakat Amerika Utara. Negara-negara Amerika Utara telah maju bidang perdagangan dan perekonomiannya. Negara di kawasan ini kaya akan bahan tambang, sumber tenaga, dan hasil produksi pertanian. Pertumbuhan ekonomi rata-rata pada tahun 1990 — 1992 sebesar 3%. Hongkong dan Jepang merupakan negara Asia yang telah banyak memanfaatkan kondisi ini. Hongkong dan Jepang diperkirakan akan mengalaini hambatan perdagangan di kawasan ini setelah rencana Meksiko bergabung dengan AS dan Kanada untuk membentuk blok perdagangan terealisasi.

Aspek Sosial dan Budaya


Keadaan sosial dan budaya negara-negara di kawasan Amerika Utara sudah maju terutama keadaan pendidikan, perumahan, kesehatan, transportasi, dan komunikasi. Selain industri modern, di Amerika Serikat terdapat pusat-pusat kerajinan yang menghasilkan pakaian tradisional Indian. Kondisi sosial budaya Amerika Serikat dan Kanada sangat dipengaruhi oleh kemajuan ilmu dan teknologi. Fasilitas-fasilitas sosial yang ada di negara tersebut lebih menjainin kenyamanan dan kepuasan pemakainya.
Sumber Pustaka: Erlangga