Rela Berkorban Dalam Melestarikan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945

Rela Berkorban Dalam Melestarikan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945


Apa manfaat yang dapat diperoleh dan sikap rela berkorban? Bagaimana cara mengembangkan sikap tersebut?

Mengembangkan Semangat Rela Berkorban di Lingkungan Keluarga


Semangat rela berkorban dalam kehidupan berbangsa dan bemegara, hams tercerinin dalam lingkungan keluarga. Inti dan semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara adalah menempatkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan atau kelompok. Dalam lingkungan keluarga, Semangat rela berkorban harus kita lakukan dengan selalu berusaha mengutamakan kepentingan keluarga daripada kepentingan pribadi.


Menjaga nama baik keluarga di hadapan orang lain, tidak bersikap egois atau mementingkan din sendiri dan peduli dengan kepentingan orang lain adalah ciri-ciri perilaku yang mencerminkan semangat rela berkorban.

Anggota keluarga yang memahaini semangat ini, tidak akan bersikap seenaknya sendiri. Semua tingkah laku, sikap, dan tutur katanya selalu dijaga agar tidak merusak citra keluarga atau rela mengorbankan perasaannya demi keutuhan keluarga. Terhadap kepentingan keluarga pun ia lebih mendahulukannya daripada kepentingan pribadi. Contohnya, keluarga sudah memastikan acara ulang tahun adik pada hari minggu. Namun, ketika hari Ininggu tiba, ternyata tiba-tiba nenek sakit secara mendadak dan butiih perawatan intensif. Pada keadaan seperti ini, seorang pelajar yang meiniliki jiwa rela berkorban akan membatalkan pesta ulang tahun tersebut dan menundanya pada waktu dan kesempatan lain. Selain itu, dalam lingkungan keluarga, tidakkah kamu perhatikan bagaimana ayahmu berjuang keras untuk menghidupi keluarga? Begitu pula pengorbanan ibu dalam mengurus rumah tangga, mendidikmu, dan mendorong semangat beajarmu.

Perjuangan kedua orang tua kita tersebut merupakan wujud semangat rela berkorban deini kepentingan keluarga.

Mengembangkan Semangat Rela Berk orban di Lingkungan Sekolah


Mengembangkan semangat rela berkorban di sekolah dapat kita lakukan dengan membiasakan din bersikap dan berperilaku sebagai berikut.
  1. MengutamakankepentingaflberSama di atas kepentingan pribadi dan kelompok.
  2. Selalu berusaha menjaga nama baik sekolah kita dengan sikap dan perilaku yang terpuji.
  3. Berusaha menjaga prestasi dan meningkatkan semangat belajar.
  4. Menjaga keamanan, ketertiban, kebersihari, keindahari, dan kekeluargaan.
  5. Rela untuk menaati segala peraturan yang
  6. berlaku di sekolah. f. Selalu menjadikan sekolah sebagai tempat
  7. belajar.
  8. Meningkatkan rasa bangga dengan sekolah sebagai tempat belajar kita. Seorang pelajar yang memiliki semangat rela berkorban terhadap sekolahnya akan selalu
mengendalikan din dalam setiap tindakan, sikap, dan tutur katanya. Ta benar-benar menjaga din dan berbagai pengaruh yang dapat merusak dunia pendidikan. Ta tidak membawa budaya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsanya ke dalam sekolah, dan berjuang mencegah berbagai pengaruh buruk yang merusak nama baik dan citra sekolahnya.

Mengembangkan Semangat Rela Berkorban di Lingkungan Masyarakat


Semangat rela berkorban dalam kehidupan di masyarakat dapat kita wujudkan dengan cara menempatkan kepentingan dan keutuhari masyarakat di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Masyarakat kita adalah masyarakat yang beraneka ragam dalam suku bangsa, adati stiadat, dan agama. Karena itu, kita dituntut agar dapat selalu menjaga keutuhari masyarakat dengan selalu memelihara persatuan dan kesatuan, mencegah terjadinya konflik, dan memperkokoh rasa kebersamaan.

Semangat rela berkorban untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara bisa dilakukan dengan membiasakan din mengembangkan beberapa sikap, yaitu
  1. mencintai masyarakat, bangsa, dan negara;
  2. membiasakan diri menjaga ketertiban, keamanan, dan ketenteraman masyarakat;
  3. menjaga milik bersama, seperti sekolah, pasar, jalan umum, dan telepon umum;
  4. bila negara diserang oleh bangsa lain, rela mengorbankan dirinya untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara;
  5. mau menjadi anggota Harisip;
  6. mau melaksanakan ronda malam demi mempertaharikan keamanan masyarakat;
  7. bekerja sama memperbaiki jalan-jalan umum dan tempat-tempat yang menjadi inilik bersama.
Rela berkorban deini kepentingan bangsa dan negara merupakan ciri warga negara yang mencintai tanah air dan bangsanya. Semangat ml akan terus berkembang jika seluruh warga negara membiasakan hal-hal yang sederharia, dan lingkungan yang paling kecil hingga ke lingkungan yang luas.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih