Sikap Positif Terhadap Penggunaan Hak Mengemukakan Pendapat Secara Bebas Dan Bertanggung Jawab

Sikap Positif Terhadap Penggunaan Hak Mengemukakan Pendapat Secara Bebas Dan Bertanggung Jawab


Berikut ini adalah sikap positif yang perlu kita lakukan terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat dengan cara bebas dan bertanggung jawab.

Hak dan kewajiban dalam mengemukakan pendapat


Sebagai warga negara kita harus ikut bertanggung jawab agar dalam pelaksanaan kebebasan mengemukakan pendapat tetap berjalan lancar, tertib, dan aman. Kebebasan mengemukakan pendapat adalah kebebasan yang bertanggung jawab, artinya kebebasan yang dilandasi dengan menghargai hak-hak orang lain serta mengindahkan tata nilai, norma, serta hukum yang berlaku. Untuk itu setiap warga negara wajib memahami hak-hak serta kewajibannya dalam hal kebebasan mengemukakan pendapat.



Hak warga negara untuk menyampaikan pendapat, yakni
  1. mengeluarkan pikiran secara bebas, dan
  2. memperoleh perlindungan hukum.
Kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang yang menyampaikan pendapat, yaitu
  • menghormati hak dan kebebasan orang lain,
  • menghormati aturan-aturan moral yang berlaku umum,
  • menaati hukum dan peraturan yang berlaku,
  • menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban, dan
  • menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Gambaran penggunaan hak mengemukakan pendapat secara benar dan bertanggung jawab


Pada saat bupati mengeluarkan kebijakan untuk menertibkan pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar pusat kota, spontan para pedagang bereaksi. Tanpa ada yang mengomando mereka sepakat untuk menolak kebijakan yang merugikan itu. Mereka berkumpul dan mengadakan rapat untuk menyusun rencana penolakan tersebut. Mereka bersepakat mengadakan aksi unjuk rasa menyampaikan tanggapan atas kebijakan Bupati tersebut. Setelah disusun rencana program, pimpinan, waktu, tempat dan lain-lain, segera dibuat surat pemberitahuan kepada pihak keamanan.

Padawaktu yang ditentukan mereka bekumpul dan bersama- sama menuju kantor DPRD dan bupati untuk menyampaikan aspirasi atau pendapatnya. Dengan didampingi pihak keamanan mereka bertemu dengan pimpinan DPRD dan bupati. Beberapa orang di antara mereka sebágai perwakilan melakukan dialog dengan bupati dan pimpinan DPRD. Hasilnya, pemerintah tetap akan menertibkan kawasan kota tersebut. Para pedagang kaki lima akan dipindahkan ke lokasi lain yang tidak mengganggu ketertiban kota. Setelah wakilnya menyampaikan hasil pembicaraan para pengunjuk rasa kembali dengan perlindungan pihak keamanan.

Sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab


Dan contoh tersebut tentunya kalian dapat mengambil kesimpulan bahwa unjuk rasa sebagai salah satu cara mengemukakan pendapat dapat dilaksanakan dengan tertib dan bertanggung jawab. Penyampaian pendapat yang demikian sepantasnya kita memberikan sikap positif dalam arti memberi dukungan. Sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dapat diwujudkan dalam bentuk berikut, yakni
  1. tidak mengganggu jalannya penyampaian pendapat,
  2. membantu kelancaran penyampaian pendapat, dan
  3. kut serta menyumbangkan pemikiran dalam menyelesaikan permasalahan.
Sumber Pustaka: Yudhistira