Sikap Positif Terhadap Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia

Sikap Positif Terhadap Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia



Berikut ini adalah penegakan HAM oleh para lembaga Perlindungan HAM dan penegakan HAM oleh pemerintah.

Penegakan HAM oleh Lembaga-lembaga Perlindungan Hak Asasi Manusia


Adanya beberapa kasus pelanggaran hak asasi manusia di berbagai tempat, menimbulkan harapan tersendiri bagi masyarakat terhadap keberadaan Komnas HAM dalam pemberian perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia. Komnas HAM memiliki peran dan posisi amat penting bagi perubahan dan penyelesaian masalah pelanggaran HAM.

Dalam melaksanakan tugasnya, tidaklah mudah bagi Komnas HAM untuk menyelesaikan sejumlah kasus pelanggaran HAM berat. Namun demikian, berbagai cara terus diupayakan lembaga mi untuk membangun kepercayaan masyarakat. Kenyataan mi dapat kita lihat dan banyaknya keingmnan masyarakat yang cenderung memilih mengadukan berbagai permasalahan mereka kepada Komnas HAM daripada kepada lembaga-lembaga struktural yang ada.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua pengaduan masyarakat tersebut dapat diselesaikan oleh Komnas HAM. Ada tahap-tahap yang harus dilewati dalam penyelesaian suatu kasus di Komnas HAM. Secara sederhana, prosedur atau thapan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:


Penegakan HAM oleh Pemerintah


Selain masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat, pemerintah pun wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia yang diatur dalam undang-undang mi, peraturan perundang-undangan lain, dan hukum internasional tentang hak asasi manusia yang diterima oleh negara RI. Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah tersebut meliputi Iangkah implementasi yang efektif dalam bidang hukum, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan negara, dan bidang lain.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact