Tanggung Jawab Dalam Masyarakat, Berbangsa Dan Bernegara

Tanggung Jawab Dalam Masyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara



Setiap manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dalam keadaan merdeka atau bebas. Dengan kata lain, kebebasan manusia mi merupakan kebebasan yang dibawa sejak lahir. Agar kebebasan seseorang tidak berbenturan dengan kebebasan orang lain maka perlu dikembangkan sikap tanggung jawab. Selain kebebasan, kita juga memiliki kewajiban. 

Kewajiban setiap orang dapat dikelompokkan menjadi kewajiban terhadap sesama manusia, kewajiban terhadap negara, dan kewajiban terhadap Tuhan. Kewajiban-kewajiban tersebut merupakan tanggung jawab setiap orang di mana pun ia berada, baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun negara sebagai tanah airnya. Masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu tempat atau lingkungan. 



Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap orang harus bertanggung jawab dalam bernteraksi dengan sesama, menjaga ketertiban dan keamanan, menjalin hidup saling menghormati dan menghargai, dan menjaga persatuan dan kesatuan. Hal ini tidaklah lain bertujuan agar kebutuhan manusia dapat terpenuhi secara baik dan benar, yaitu keinginan hidup berbahagia dalam lingkungan yang aman dan tenteram. Demikian juga halnya dengan hidup bernegara dan berbangsa, yang ruang lingkupnya, tentu lebih luas daripada lingkungan masyarakat.

Negara Indonesia adalah negara hukum yang memiliki sistem kenegaraan demokrasi yang dilandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Sistem kenegaraan mi digunakan agar bangsa Indonesia mampu mencapai cita-citanya, yaitu kesejahteraan dan kebahagiaan dalam semangat persatuan dan kesatuan sebagai keluarga besar. Dalam pelaksanaan demokrasi Pancasila di negara kita, setiap warga negara dan organisasi politik memiliki tanggung jawab di dalam menjalankan kelancaran demokrasi.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih