Tanggung Jawab Dan Disiplin Yang Dilandasi Kasih Sayang Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara

Tanggung Jawab Dan Disiplin Yang Dilandasi Kasih Sayang Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara



Tanggungjawab merupakan kesanggupan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan sebaik-baiknya dan tepat pada waktunya serta berani memikul risiko atas keputusan yang diambil atau tindakan yang dilakukannya. Sedangkan disiplin adalah sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi semua ketentuan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tanggungjawab.

Disiplin dan tanggung jawab merupakan kewajiban luhur dan tiap-tiap pribadi dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Karena kita hidup dalam negara yang berdasarkan Pancasila, maka disiplin dan tanggungjawab harusesuai dengan Pancasila. Disiplin dan tanggungjawab diatur dalam UUD 1945 yang disesuaikan dengan Pancasila. OIeh karena itu, setiap warga negara wajib setia dan patuh terhadap UUD negara. Pelaksanaan UUD negara itu harus dilandasi dengan kasih sayang, sehingga perwujudan disiplin akan menjamin terwujudnya tertib sosial, tertib hukum, dan tertib bermasyarakat.



Kita bernaung dalam suatu negara, oleh karena itu segala tanggungjawab terhadap tugas dan kewajiban pada negara merupakan tanggungan bersama. Kita bertanggung jawab untuk menciptakan suasana aman dan tenteram. Perwujudan cita-cita bangsa yaitu adil dan makmur sangat ditentukan oleh peranan tiap warga negara. Negara akan sejahtera apabila kesadaran, disiplin, dan semangat bekerja sama tertanam kuat di hati para wàrganya.

Disiplin tampak dalam tindakan yang bertanggung jawab dan kepatuhan pada hukum. Disiplin warga negara dalam masyarakat merupakan syarat dalam pembangunan. Di dalam kehidupan sekolah, siswa sebagai penentu keberhasilan tuSuan dan proses belajar mengajar. Dalam hal mi siswa dituntut melaksanakan peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah yang bersangkutan. Para siswa hendaknya dapat mengatur waktu, agar kewajibannya yang pertama, yaitu belajar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab.

Untuk mewujudkan cita-cita bangsa, sikap hidup disiplin nasional harus ada. Disiplin nasional bertolak dan disiplin pribadi warga negara. Jika masing-masing pnibadi dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab taat terhadap semua peraturan perundangan yang benlaku sudah barang tentu akan terwujud ketertiban umum.

Upaya untuk menumbuhkan disiplin nasional dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Keteladanan


Seorang pemimpin harus memiliki sikap disiplin terlebih dahulu. Seorang guru menjadi teladan disiplin bagi siswa-siswanya, seorang ketua kepada anggotanya, dan seorang aparat pemerintah terhadap masyarakatnya.

Teguran


Untuk menegakkan disiplin perlu adanya teguran atau peringatan kepada orang yang melanggar disiplin. Teguran atau peringatan hendaknya dilandasi rasa kasih sayang bukan dendam sehingga mereka tidak merasa sakit hati atau tersinggung.

Sanksi yang tepat


Sanksi yang dikenakan sesuai dengan tingkat pelanggarannya. Sanksi jangan dianggap sebagai balas dendam tetapi sebagai pelajaran saja.
Sumber Pustaka: Pabelan