Tata Cara Penerapan Prinsip Patriotisme Dalam Berbagai Lingkungan Dan Kehidupan

Tata Cara Penerapan Prinsip Patriotisme Dalam Berbagai Lingkungan Dan Kehidupan



Dalam rangka menanamkan jiwa patriotisme, dapat dimulai dan lingkungan yang kecil ke lingkungan yang besar seperti terurai di bawah ini.

Keluarga


Keluarga merupakan bentuk masyarakat yang terkecil namun sifat organisasinya sudah terpenuhi, mulai dan pemimpin keluarga sampai pada anggota keluarga. Maka tidak ada salahnya apabila jiwa patriotisme ditanamkan pada anak-anak sejak dini selaku anggota keluarga, misalnya harus mau membela keluarga untuk mempertahankan nama baik keluarga, mempertahankan hidup. Lebih dan itu setiap anggota keluarga mempunyai hak yang sama untuk mempertahankan keluarganya dan gangguan yang datang, baik dan dalam maupun dan luar, yang dapat mengganggu kestabilan ketenteraman kelestarian keluarga.



Sekolah


Sekolah merupakan pusat kebudayaan, yang artinya sekolah sebagai tempat memperoleh ilmu dan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Untuk itu tidak dibenarkan apabila sekolah digunakan untuk promosi, berbuat maksiat, dan sebagainya. Usaha-usaha yang dilakukan sebagai pusat kebudayaan ktau tempat untuk menanamkan prinsip-prinsip patriotisme adalah sebagai berikut.
  1. Siawa berperan aktif dalam mewujudkan 5 K, yaitu: keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan.
  2. Siswa wajib melaporkan segala gejala dan gangguan yang terjadi di sekolah kepada wali kelas atau kepala sekolah.
  3. Siswa berkewajiban menghormati dan menjaga kewibawaan kepala sekolah, guru, dan sekolahnya.
  4. Siswa berkewajiban untuk mematuhi tata tertib sekolah.
  5. Siswa wajib mengikuti upacara bendera.
  6. Siswa wajib menjadi anggota OSIS dan melalui organisasi tersebut dapat mengembangkan bakatnya, antara lain dengan latihan kepemimpinan, kese-nian, karya ilmia bakti sosial, dan sebagainya.
  7. Siawa menghindari hal-hal yang menjurus pada perkelahian masal, penyalahgunaan obat terlarang, minum minuman keras.

Dengan menindak lanjuti kegiatan di atas, berarti siswa sudah membantu sekolah sebagai pusat wawasan wiyata mandala dan berarti pula sudah melaksanakan prinsip-prinsip patriotisme.

Di Masyarakat atau terhadap bangsa dan negara


Prinsip-prinsip jiwa patriotisme di masyarakat dapat ditempuh melalui hal-hal sebagai berikut.

  1. Mempertahankan dan menjaga kéamanan dan ketertiban di daerahnya dan gangguan yang datang, dengan masuk menjadi anggota Hansip maupun Kamra.
  2. Mengikuti upacara dalam rangka memperingati han-han besar nasional.
  3. Melaksanakan kunjungan ke makam Taman Pahlawan, baik pada han besar nasional maupun han-han biasa.
  4. Mau melaksanakan kepedulian sosial terhadap sebagian bangsa kita yang masih menderita, misalnya yang masih hidup di daerah kumuh, dan di bawah garia kemiskinan, atau yang menderita karena musibah bencana alam banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung me1etu dan sebagainya.
  5. Mengibarkan bendera Merah Putih pada waktu han besar nasional.
  6. Mau membela tanah air dengan masuk menjadi anggota ABRI apabila negara memanggilnya baik secara sukarela maupun wajib militer.
  7. Bersedia dikirimkan ke luar negeri untuk mewakili Indonesia bagi mereka yang berprestasi.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan