Teknologi Dan Keseimbangan Lingkungan Dalam Ilmu Biologi

Teknologi Dan Keseimbangan Lingkungan



Semenjak ilmu dan teknologi dikembangkan, kemampuan manusia untuk mengeksploitasi lingkungannya semakin mudah. Dengan ilmu dan teknologi, manusia dapat menciptakan alat dan bahan yang dapat mempermudah kerjanya. Pembabatan hutan, pengolahan lahan pertanian, pemberantasan hama, penggunaan pupuk buatan, dan lain-lain yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ekosistem dengan mudah. Kemudahan-kemudahan tersebut dapat rneningkatkan kesejahteraan manusia.



Di sisi lain, temyata kemudahan dan kesejahteraan itu dapat mengubah pola hidup manusia yang cenderung konsumtif. Dengan deinikian, peningkatan populasi manusia, peningkatan kebutuhan hidup, kemudahan mengeksploitasi lingkungan, serta perubahan pola tingkah laku manusia akan meningkatkan tekanan terhadap komponen ekosistem lainnya. Hal inilah yang selanjutnya akan menyebabkan terjadinya krisis lingkungan.

Pendirian pabrik akan meningkatkan penggunaan bahan bakar seperti batu bara, ininyak buini, gas alam, dan lain-lain serta akan menghasilkan berbagai zat sisa yang akan mengganggu keseimbangan lingkungan. Jadi,jelaslah bahwa peranan manusia dalam pengubahan keseimbangan lingkungan amat besar. Sehubungan dengan itu, pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana dan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan ini perlu ditingkatkan. Di samping itu, konsep pembangunan berwawasan lingkungan perlu tents diperkenalkan dan diterapkan pada semua lapisan masyarakat.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara