Teknologi Penyetekan Pada Bioteknologi

Teknologi Penyetekan



Menyetek adalah memperbanyak tanaman yang berasal dan potongan-potongan organ tubuh tumbuhan. Kita mengenal ada setek batang, setek daun, dan setek akar. Setek batang kita jumpai pada pemencaran singkong, ubi jalar, dan tcbu, setek akar pada sukun, dan setek daun pada tanaman cocor bebek.

Melalui penyetekan ini akan diperoleh individu barn yang sama persis dengan induknya. Dan sebatang pohon dapat diambil beberapa cabang untuk dipotong-potong menjadi individu baru. Individu barn akan cepat tumbuh dan berkembang dengan sifat yang sama dengan induknya, seperti yang kita inginkan misalnya buah, bunga, biji, dan umbi.



Namun, penyetekan ada sedikit kelemahannya, yaitu individu baru hasil dan penyetekan biasanya memiliki akar yang kurang kuat. Di sisi lain, bila pengambilan cabang untuk disetek maka tumbuhan induk akan kurang produktif. Bila pengambilan cabangnya diatur sedemikian rupa sehingga sekadar menjarangkan cabang maka produktivitas tumbuhan induk akan tetap baik.

Dampak terhadap populasi tumbuhan yang bersangkutan adalah akan meningkatkan populasi tumbuhan tersebut. Dalam jangka pendek, perkembangbiakan dengan menyetek akan meningkatkan populasi tumbuhan tersebut dan cepat menghasilkan. Sedangkan pcrkembangbiakan dengan hiji dalam jangka panjang akan lebih cepat mcningkatkan populasi. Untuk jenis tumbuhan tertentu seperti tebu, singkong, dan ubi jalar, perbanyakan dengan menyetekjelas lebih mempercepat pertambahan populasi tumbuhan tersebut.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara