Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Keluarga, Masyarakat, Bangsa, Dan Negara

Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Keluarga, Masyarakat, Bangsa, Dan Negara



Tujuan pembangunan bangsa Indonesia adalah mewujudkan kesejahteraan warganya, baik dalam keluarga maupun masyarakat luas. Upaya untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dilakukan pemerintah dengan pembangunan secara berjangka atau bertahap, yang masing-masing tahap pembangunan mempunyai tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat banyak dan meletakkan kerangka landasan untuk pembangunan berikutnya dengan mengutamakan pembangunan di bidang ekonomi, dengan tidak mengesampingkan pembangunan di bidang lain, misalnya bidang politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, hukum, aparatur negara dan sebagainya. Karena pelaksanaan pembangunan saling berkaitan, maka pelaksanaannya dapat berjalan bersama-sama dengan terbinanya stabilitas nasional yang mantap. 



Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga masyarakat, maka ditempuh jalan sebagai berikut.
  1. Meningkatkan pendapatan per kapita nasional.
  2. Pembagian pendapatan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.
  3. Terwujudnya keadilan sosial di segala bidang.
  4. Melaksanakan keluarga berencana.
Dalam rangka mewujudkan keadilan sosial yang lebih nyata, pemerintah telah mengganiskan dengan Trilogi Pembangunan Usaha yang dilaksanakan sampai tahap pembangunan yang keenam mi banyak mendatangkan hasil, hal mi dapat dilihat dari:
  1. pendapatan per kapita nasional naik, sehingga membawa negara terbelakang ke negara berkembang,
  2. dari negara yang semula mengimpor beras menjadi negara yang berswasembada pangan, bahkan dapat mengimpor beras;
  3. dari negara yang pertumbuhan penduduknya cukup tinggi menjadi negara yang dapat menekan kelahiran dengan program keluarga berencana;
  4. dari negara yang pembangunannya kurang berhasil dapat meningkatkan pembangunan baik lahir maupun batin;
  5. dari negara yang belum dapat mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi negara yang dapat mengembangkan dan tergolong negara yang telah maju dalam teknologi dan ilmu pengetahuannya. Dengan demikian negara kita berhasil meningkatkan keadilan sosial berkat adanya pembangunan di segala bidang.
Sumber Pustaka: Pabelan