Arti Dan Makna Disiplin Nasional Beserta Contohnya

Arti Dan Makna Disiplin Nasional



Disiplin nasional adalah suatu sikap mental bangsa yang tecerinin dalam perbuatan dan atau tingkah laku berupa kepatuhan dan ketaatan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku dalam berbangsa dan bernegara.

Misalnya. kepatuhan pada perundangan yang berlaku di negara kita. Dengan mernatuhi semua peraturan perundangan yang berlaku di negara kita. tujuan nasional sebagaimana yang termuat dalarn Pernbukaan UUD 1945 alinea keempat, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh turnpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum. mencerdaskan kehidupan bangsa. dan ikutmelaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. perdamaian abadi dan keadilan sosial akan dapat diwujudkan.



Hakekat Disiplin Nasional


Disiplin nasional itu terbentuk.melalui suatu proses yang dimulai dan disiplin pribadi dan disiplin sosial. Artinya, kualitas disiplin nasional bergantung pada tinggi rendahnya disiplin din dn disiplin sosial warga negaranya. Jika disiplin din dan disiplin sosial warga negaranya tinggi, tinggi pula kualitas disiplin nasional bangsanya. Itulah sebabnya, upaya untuk meningkatkan disiplin nasional dimulai dan peningkatan disiplin din dan disiplin sosial warga negaranya. Disiplin nasional pada hakikatnya mencakup hal-hal berikut ini:
  1. terbinanya kesadaran masyarakat pada umumnya dan aparat penyelenggara pada khususnya terhadap arti pentingnya disiplin negara:
  2. terbinanya ketaatan bangsa Indonesia pada aturan hukurn:
  3. terbentuknya sistem perilaku demokratis konstitusi (demokrasi yang sesuai dengan undang-undang) yang efektif dan efisien sehingga akan mewujudkan sikap dan tindakan dalam merealisasikan tujuan nasional.
Dalam mewujudkan disiplin nasional banyak faktor yang mendukung terbentuknya disiplin nasional, antara lain:
  • adanya keinginan kuat untuk menciptaan keamanan, ketertiban, dan kesejahteraan masyarakat.
  • dimilikinya herbagai peraturan perundangan, norma, dan adat istiadat yang kita yakini kebenarannya.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama