Arti Dan Makna Disiplin Sosial (Social Discipline)

Arti Dan Makna Disiplin Sosial (Social Discipline)



Disiplin sosial, yaitu gambaran tentang suatu sikap mental masyarakat yang memiliki ketaatan atau kepatuhari terhadap peraturan dan tata tertib hidup bermasyarakat. Disiplin sosial ini tecermin dan sikap dan perilaku warga masyarakat yang selalu hidup tertib, patuh, dan taat terhadap norma-norma masyarakatnya, seperti teitib di jalan raya di tempat pekerjaan saat menggunakan batang barang milik umum. saat bermusyawarah mufakat. dalam memperingati hari-hari besar keagamaan dan hari-hari besar nasional. serta dalam bergaul dan bekerja sama dengan berlakunya disiplin maka kehidupan bermasyarakat akan menjadi tertib dan teratur serta kemajuan bersama akan dapat diwujudkan.



Disiplin diri sangatpenting karena akan menunjang tercapainya disiplin sosial, nasional bahkan internasional Melalui disiphn diri kita dapat memahaini bahwa tidak akan ada disiplin sosial tanpa terbentuknya kesadaran dalam kedisiplinan diri. Disiplin diri merupakan sikap yang harus ditanamkan sekuat mungkin. Jadi. Disiplin sosial pada hakikatnya adalah disiplin diri yang berkaitan dengan masyarakat.

Dengan deinikian, akan terbentuk masyarakat yang harmonis dan selaras serta penuh dengan semangat kegotongioyongan Hal ini tentunya tidak dengan mengembangkan sikap anarkis (tidak tahu aturan) dan egois (mementingkan diri sendiri) tetapi dilandasi dengan sikap dan semangat kekeluargaan Agar masyarakat aman. damai, dan sejahtera setiap masyarakat harus senantiasa menaati norma- norma masyarakat yang ada:

Adapun wujud sikap tersebut akan tenlihat pada diri masyarakat yang sudah memiliki rasa disiplin sosial yang tinggi, misalnya:

  1. melaksanakan siskamling;
  2. kerja bakti;
  3. senantiasa menjaga nama baik masyarakat;
  4. memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan;
  5. memiliki rasa kebersamaan dan kesetiakawanan yang tinggi; dan
  6. menghormati dan melaksanakan janji, kesepakatan bersama serta perjanjian.

Rasa disiplin sosial sangat perlu ditanamkan pada setiap individu karenajika masyarakat tidak mempunyai kedisiplinan sosial, masyarakat juga yang akan dirugikan. Inisalnya, seorang kontraktor sedang membangun jembatan, apabila dia tidak memiliki rasa disiplin sosial, 5embuatan jembatan tersebut akan dilakukan asal-asalan, base take (angaran dasar) dikurangi, atau hal Iainnya yang pada pokoknya bjsa merugikan negara dan masyarakat.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama