Ciri-Ciri Negara Demokrasi Beserta Fugsi Dan Contohnya

Ciri-Ciri Negara Demokrasi



Sebuah negara disebut demokrasi apabila negara tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Negara Hukum


Artinya kekuasaan terikat pada hukum. Demokrasi merupakan cara paling aman untuk mempertahankan kontrol atas negara hukum. Negara hukum memiliki ciri-ciri sebagai berikut.


  1. Fungsi-fungsi negara kenegaraan dijalankan oleh lembaga yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  2. Undang-undang  dasar menjamin hak-hak asasi manusia. Karena itu tanpa jaminan itu, hukum dapat menjadi sarana penindasan. Jaminan terhadap hak-hak asasi manusia memastikan bahwa pemerintah tidak dapat menyalahgunakafl hukum melalul undang-undang untuk melegalisasikan perbuatan yang sebenarnya tidak adil dan tercela.
  3. Badan-badan negara menjalankan kekuasaannYa masing-maSing hanya atas dasar hukum yang berlaku.
  4. Terhadap tindakan badan negara, masyarakat dapat mengadu ke pengadilan dan putusan pengadilan dilaksanakafl oleh badan negara.
  5. Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak.

Kontrol Etektit terhadap Pemerintah



Dalam negara demokrasi pemerintah harus selalu memperhatikan aspirasi dan keinginan rakyat. Sebab dalam negara demokrasi rakyat mempunyai hak untuk mengontrol jalannya pemerintahan. seperti hal-hal berikut.
  1. Pemerintah wajib rnempertanggungjawabkan kebijakan-kebilakan yang diambil.
  2. Pemerintah berada, serta bersedia berada di bawah sorotar atau kontrol secara terus-meneruS balk oleh.badan perwakilan rakyat maupun masyarakat langsung, khususnya pers dan media lain.
  3. Para wakil rakyat bebas menyatakan pendapat mereka. Menuntut pertanggungiaWaban dan mengkritik serta menolak usula’ kebijakan pemerintah.
  4. Pemerintah diangkat dan dlberhentikan secara damai oleh rakyat atau badan perwakilan rakyat berdasarkan hasil pemilihan umum.

Lembaga Pemilihan Umum


Pemilu yang langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil men.jakan wujud nyata partisipasi politik rakyat dalam pemerintahan. OIeh karena tu, pemilu dijalankan oleh sebuah lembaga pemilu yang independen dan dalam pemilu tersebut harus memperhatikan hal-hal berikut.
  1. Ada pilihan bebas antara sekurang-kUrangflYa dua kandidat atau partal.
  2. Secara efektif bagian terbesar warga negara berhak dan mampu kut memilih.
  3. Kebanyakan warga negara berhak mencalonkan din untuk memilih.
  4. Melalul pemilihan umum itu dipilih badan perwakilan rakyat yang mempunyal hak legislatif, sendirian atau bersama dengan pernerinta. serta hak dan kemampuan untuk mengontrol pemerintah.

Prinsip Mayoritas


Prinsip mayoritas maksudnya adalah bahwa badan per.aK.an rakyat dalam mengambil keputusankeputuSannya dlusahakan lewat sua: Keseakatan atau kalau kesepakatan tidak tercapal, keputusan diambil Derdasarkan suara terbanyak.

Jaminan atas Hak-Hak Dasar Demokrasi Rakyat


Berikut adalah jaminan atas hak-hak dasar demokras rakyat.
  1. Hak untuk menyatakan pendapat serta untuk mengkritik pemerintah balk secara lisan maupun tertulis. Hak ini termasuk kebebasan pers.
  2. Hak untuk mencari informasi alternatif terhadap informas’ yang disajikan oleh pemerintah.
  3. Hak berkumpul.
  4. Hak membentuk serikat, termasuk mendirikan parta politik, dan hak berasosiasi.
Sumber Pustaka: Aneka Ilmu