Hakekat Ancaman Dan Tindakan Yang Mearah Pada Upaya Bela Negara

Hakekat Ancaman Dan Tindakan Yang Mearah Pada Upaya Bela Negara



Konflik di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam telah menyebabkan kesengsaraan bagi rakyat Aceh. Terutama penduduk sipil yang terpaksa harus meninggalkan kampung halaman, harta benda, dan lingkungan yang selama ml menjadi bagian dan kehidupannya. Mereka harus mengungsi ke tempat pengungsian yang tidak membuat mereka hidup lebih aman dan nyaman. Terbatasnya bahan makanan dan sanitasi yang tidak memadai berdampak pada rendahnya tingkat kesehatan, sehingga di antara pengungsi banyak yang sakit.



Dan wacana dan gambar di atas, diskusikan pertanyaan berikut bersama kelompokmu!
  1. Apa yang kalian ketahui tentang konflik yang terjadi di NAD!
  2. Bagaimana pendapatmu terhadap peristiwa konflik di NAD tersebut?
  3. Sebutkan dampak/akibat negatif adanya perang di NAD!
  4. Cara apa yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan konfllik di NAD?
  5. Menurut kalian. siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas konflik di NAD?

Hakikat Ancaman


Hakikat ancaman adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan negara secara negatif. Dalam perwujudannya ancaman itu dapat berupa ancaman, gangguan, hambatan. dan tantangan.
  • Ancaman
Ancaman adalah potensi, kondisi, atau tindakan yang bertujuan menggagalkan pembangunan nasional yang bersifat konsepsional, baik tertutup maupun terbuka.
  • Gangguan
Gangguan adalah semua potensi, kondisi, atau tindakan yang tidak konsepsional dan berasal dan Iuar diri sendiri yang mengurangi kelancaran pembangunan nasional dan mengusik kelangsungan kehidupan ideologi bangsa dan negara.
  • Hambatan
Hambatan adalah segala potensi, kondisi, atau tindakan yang tidak konsepsional dan berasal dan diri sendiri yang mengurangi kelancaran pembangunan nasional.
  • Tantangan
Tantangan adalah potensi, kondisi, atau tindakan baik dan luar maupun dan dalam diri sendirii atau merupakan masalah atau persoalan yang memerlukan penyelesaian tetapi dapat menggugah kemampuan diri.
Di era globalisasi yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, komunikasi. dan infonmasi, sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman tenhadap kedautatan negara. Dan yang semula bersifat konsepsional (tisik) saat ini berkembang menjadi multidimensional (fisik dan nonfisik). Ancaman yang bersifat multidimensional dapat bersumber dan permasalahan ideologi, politik. ekonomi, sosial, budaya, maupun permasalahan keamanan yang terkait dengan kejahatan intennasional.
Sumber Pustaka: Aneka Ilmu