Hakekat Kerja Sama Indonesia Dalam Mewujudkan Kemerdekaan

Hakekat Kerja Sama Indonesia Dalam Mewujudkan Kemerdekaan



Kerja sama ialah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih atau beberapa pihak untuk mencapai tujuan bersama. Manusia pada hakikatnya memiliki keterbatasan dan ketergantungan dengan manusia lainnya. Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bekerja sama. Oleh karena itu, manusia disebut juga sehagai makhluk sosial (Homo Socious). Manusia bekerja sama tidak terbatas pada lingkungan dekatnya saja, tetapi juga dapat meluas dalam pergaulan yang melampaui tempat tinggalnya. Misalnya, dalam lingkungan antartetangga, masyarakat sekitar, bahkan dalam pergaulan internasional. Kerja sama antar berbagai pihak dapat terwujud karena beberapa hal, antara lain:


  1. adanya persamaan tujuan;
  2. adanya perasaan bahwa yang satu merupakan bagian dan yang lain;
  3. adanya pengakuan persamaan derajat. hak, dan kewajiban.
Kerja sama Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan berarti kegiatan/usaha yang dilakukan bangsa Indonesia untuk mencapai dan membina kemerdekaan bangsa dan negara secara bersama-sama oleh seluruh rakyat Indonesia. Dalam sejarah kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia yang dirintis sejak zaman penjajahan (Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang), perjuangan dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh bangsa Indonesia di seluruh pelosok tanah air dengan puncak kebersamaan bangsa Indonesia yang dicapai pada masa pergerakan nasional Indonesia(2OMei 1908—l7Mei 1945).

Perjuangan hangsa Indonesia menunjukkan betapa tingginya semangat patriotisme yang diiniliki oleh bangsa Indonesia. Sejarah rnembuktikan, betapa larna negeri kita ini dijajah, bukan berarti kita tidak mampu mengusir penjajah cepatc epat. narnun karena semangat persatuan dan kesatuan bangsalah yang sulit diwujudkan pada waktu itu.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama