Hambatan Dan Upaya Mengatasi Kendala Pelaksanaan Disiplin Nasional

Hambatan Dan Upaya Mengatasi Kendala Pelaksanaan Disiplin Nasional



Dalam upaya menegakkan disiplin nasional pada kehidupan bermasyarakat, ada beberapa kendala dan hambatan yang ditemui, yaitu.



  1. Warga negara Indonesia pada umumnya masih belum memahami secara luas hakikat disiplin pribadi, disiplin sosial dan kaitannya dengan disiplin nasional sebagai wahana mewujudkan cita-cita nasional bangsa dan negaranya.
  2. Kurangnya perhatian orang tua dalam memberikan teladan yang baik dalam sikap dan tingkah laku bagi anaknya. Hal ini menyebabkan anak belum terbiasa berdisiplin semenjak usia dini.
  3. Kelemahan dalam pelaksanaan perundang-undangan atau penegakkan hukum (law enforcenient) seperti larangan membuang sampah sembarangan, tetapi ketika ada yang membuang sampah di sembarang tempat, mereka tidak diberi sanksi atau hukuman.
  4. Belum tumbuhnya kesadaran warga masyarakat kita pada arti pentingnya disiplin din, disiplin sosial, dan disiplin nasional dalam berbagai kehidupan seharihan. Hal ini tampak dan seringnya warga masyarakat melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku.
  5. Kurangnya keteladanan dalam kehidupan umum.
  6. Adanya kendala intelektual pada sebagian besar penduduk Indonesia sehingga mengalaini kesulitan untuk memahaini kebijakan dan program-program pembangunan bangsa dan negaranya.
  7. Belum meratanya kesadaran dan tanggung jawab sosial masyarakat Indonesia akan perlunya memelihara kebersihan lingkungan.
  8. Masih terbatasnya sarana dan prasarana untuk mendukung terlaksananya disiplin nasioral.

Berikut ini upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan disiplin nasional.
  1. Pembinaan contoh keteladanan disiplin nasional dalam kehidupan warga masyarakat, perlu ditumbuhkan.
  2. Pendekatan agama perlu ditumbuhkan kepada semua lapisan masyarakat agar segala bentuk kegiatan dapat dilakukan berdasarkan nilai-nilai kebenaran yang bersumberkan gama. Di samping itu, pranata (sistern) hukum perlu dilaksanakan sebagaimana mestinya aar para pelaku peituatan asosial menjadi taat hukum.
  3. Dalam rangka menumbuhkan disiplin nasional dikalangan bangsa Indonesia, perlu dilakukan pembinaan langsung oleh pemerintah.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama