Kehidupan Umat Beragama Yang Melaksanakan Prinsip Beragama Secara Baik Dan Benar

Indahnya Kehidupan Umat Beragama Yang Melaksanakan Prinsip Beragama Secara Baik Dan Benar



Di negara kita, kebebasan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dijamin sepenuhnya. Oleh karena itu, di dalam kehidupan masyarakat Indonesia hendaknya ditumbuhkan dan dikembangkan sikap hormat menghormati serta kerja sama antarumat beragama yang berbeda. Di samping itu, perlu dikembangkan juga sikap toleransi antarumat beragama, yaitu sikap sabar dan membiarkan orang lain mernpunyai keyaki nan mengenai agama dan kepercayaannya sendiri. Terciptanya suasana tenang, damai. dan tenterarn rnenyebahkan kita dapat melakukan ibadah menurut agama dan kepercayaan kita dengan tenang dan tanpa gangguan.



Hidup rukun berarti hidup dengan tidak bertengkar dan tidak bermusuhan serta hidup bersarna dengan baik dan serasi tanpa menonjolkan perbedaan. Hidup bersama dengan haik dan serasi itu akan terwujud apabila kita hidup dengan saling menghormati dan saling rnenghargai dengan orang lain. Suasana hidup rukun seperti itu sangat dibutuhkan sebab apabila tidak ada toleransi dan tidak ada kerukunan antarurnat beragama dan antarpenganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan terjadi keretakan, bahkan perpecahan dalam kehidupan berbangsa dan hernegara sebagai contoh rnisalnya.

Terjadinya kerusuhan akibat adanya isu-isu suku,agam dan ras (SARA) di beberapa tempat di Indonesia akhir-akhir ini telah mengakibatkan kerugian yang tidak s├ędikit dan merusak suasana kehidupan berbangsa dan bernegara serta yang lebih parah lagi merusak kerukunan antarumat beragama.

Dengan demikian, kerukunan antarumat beragama di Indonesia harus kita tingkatkan lagi pengamalannya. Salah satu wujud nyata pengamalan toleransi antarurnat heragarna itu adalah dengan hersikap tidak mudah terpancing oleh isu-isu keagamaan yang bclurnjelas kchenarannya. Sehinggatidak meiugikan semua masyarakat yang sudah tahu permasalahan.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama