Kekuatan Ideologi, Fungsi Dan Kedudukan Pancasila

Kekuatan Ideologi, Fungsi Dan Kedudukan Pancasila



Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara memiliki tiga dlmensi penting yang merupakan kekuatan sebagai ideologi, yaitu dimensi realita. idealisme. Dan fleksibilitas.
  • Dimensi Realita
Dimensi realita yaitu bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung di dalam ideologi tersebut secara riil hidup di dalam masyarakat serta bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah masyarakatatau bangsanya(menjadi volkgeist/jiwa bagsa).


  • Dimensi Idealisme
Dimensi idealisme yaitu bahwa nilai-nilai dasar ideologi tersebut rnengandung idealisme yang memberi harapan tentang masa depan yang lebih baik melalui pengalaman dalam praktik kehidupan sehari-hari.
  • Dimensi Fleksibilitas atau Dimensi Pengembangan
Dimensi fleksibilitas yaitu ideologi tersebut memiliki keIueesan yang memungkinkan dan merangsang pengembangan pemikiran-pemikiran baru yang relevan dengan ideologi yang bersangkutan tanpa menghiIangan atau mengingkari jati din yang terkandung dalam nilai-nilai dasarnya.

Fungsi dan Kedudukan Pancasila


  • Pancasila sebagai Dasar Negara
Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat “... maka disusunlah enerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik IndonesLa yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada. .“. Sebagai dasar negara, segala yang ada dalam negara tersebut haruslah taat asas (konsisten) dengan dasar tersebut.
  • Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Pandangan hidup suatu bangsa adalah suatu kristalisasi dan na-niIai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad untuk mewujudkannya. Sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila dapat mempersatukan kita, serta memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya.
  • Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa
Pancasila yang dirumuskan dan nilai-nilai kehidupan bangsa kita sejak zaman nenek moyang hingga sekarang adalah sesuatu yang menyebabkan bangsa  kita berbeda dengan bangsa lain. Perbedaan tersebut antara lain disebabkan oleh perbedaan nilai kehidupan. Pancasila merupakan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dan bangsa lain.
  • Pancasila merupakan Perjanjian Luhur dan Tujuan yang Hendak Dicapai
Perjanjian luhur rakyat Indonesia yang telah disetujui oleh wakil-wakil rakyat Indonesia menjelang dan sesudah prokiamasi kemerdekaan yang kita junjung tinggi, bukan sekedar penemuan kembali nilai-nilai kepribadian dan cita-cita bangsa Indonesia yang terpendam sejak berabad-abad lalu, melainkan karena Pancasila itu mampu membuktikan kebenarannya setelah diuji lewat sejarah perjuangan bangsa.

Tujuan yang hendak dicapai oleh bangsa Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera, baik lahir maupun batin berdasarkan  Pancasila di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat. adil. dan makmur serta berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib, damai, dan merdeka.
  • Pancasila sebagal Sumber dan Segala Sumber Hukum
Sebagai sumber dan segala sumber hukum, Pancasila dijadikan dasar dan segala aturan hukum atau perundang-undangan yang berlaku. OIeh sebab itu, semua hukum atau peraturan yang berlaku harus bersumber dan dasar Pancasila. Sesuai dengan Tap MPRS No.XX/MPRS/1 966 yang menyatakan bahwa yang menjadi sumbertertib hukum adalah pandangan hidup, kesadaran, dan cita-cita moral yang meliput suasana kejiwaan serta watak bangsa Indonesia.
Sumber Pustaka: Aneka Ilmu