Kesadaran Terhadap Perlunya Melaksanakan Disiplin Nasional Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Kesadaran Terhadap Perlunya Melaksanakan Disiplin Nasional Dalam Berbagai Aspek Kehidupan



Manusia dianggap berdisiplin apabila ia rnenaati dan melaksanakan secara tertib aturan-aturan yang berlaku di dalam masyarakat. Masyarakat yang tertib, aman dan tenteram ditentukan oleh disiplin sosial dalarn kehidupan masyarakat tersebut. Disiplin sosial dapat diartikan sebagai kesadaran dan kemauan anggota-anggota masyarakat untuk memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Masyarakat yang maju dan berhasil mewujudkan cita-citanya adalah masyarakat yang teratur dan mempunyai kesadaran yang tinggi dalam memahami dan melaksanakan disiplin nasional. Menanamkan disiplin nasional dimulai dan upaya untuk menumbuhkan disiplin din menjadi disiplin masyarakat dalam hidup berbangsa dan bernegara, terutama kesadaran untukmemenuhi kewjibannya terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.



Dalam pelaksanaan pembangunan tentu dibutuhkanjuga adanya beberapa unsur pemhangunan antara lain dana yang cukuptersedia untuk rnembiayai pelaksanaan pembangunan dan adanya partisipasi seluruh masyarakat dan warga negara. Perwujudan masyarakat adil dan makmur itu harus tampak dalam kebijaksanaan dan usaha pemerataan hasil pembangunan nasional. Sebaliknya, warga negara baik secara keseluruhan maupun secara pribadi, wajib menyadari bahwa tanggung jawab melaksanakan pembangunan adalah tanggungjawab seluruh rakyat.

Wujud tanggung jawab rakyat dalam demokrasi ekonomi terlihat pada warga negara yang dengan wajar membina sikap hidup manusia Indonesia, terutama hidup sehat, hemat, rajin, cermat, berdisiplin, dan bertanggung jawab. Hanya dengan kesadaran ini, kita akan mampu mengemban tanggung jawab kita sebagai warga negara yang merdeka dalam zaman yang penuh tantangan ini.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama