Landasan Kerja Sama Bangsa Indonesia Dalam Mewujudkan Kemerdekaan

Landasan Kerja Sama Bangsa Indonesia Dalam Mewujudkan Kemerdekaan



Bangsa Indonesia memiliki kepercayaan dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pencipta alam semesta beserta isinya. Keyakinan agama inilah yang memberi keyakinan kepada hangsa Indonesia bahwa tanah air Indonesia dicipakan Tuhan dan dianugerahkan bagi kehidupan seluruh bangsa Indonesia. Dasar keyakinan itulah yang turut mendorong semangat perjuangan bangsa Indonesia untuk secara bersama-sama (bekeija sama) mengusir kaum penjajah dalam rangka mewujudkan kernerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

Tumbuhnya kesadaran bangsa Indonesia berawal dan pemikiran bahwa keinerdekaan itu merupakan hak segala bangsa dan penjajahan itu merupakan pelanggaran terhadap hukum Tuhan dan hak-hak asasi manusia. Kerja sarna rakyat Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan lahir karena perasaaft senasib dan sepenanggungan akibat pnirdasan dan pemerasan kaum penjajah yang berlangsung lebih dan 350 tahun.



Tanah air Indonesia yang terbentang dan Sabang hingga Merauke merupakan satu kesatuan wilayah negara Indonesia, milik bangsa Indonesia yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa melalui sejarah yang panjang. Rasa cinta tanah air dan kesadaran bahwa negara Indonesia adalah tanah airnya mendorong semangat kerja sama, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia untuk berjuang mewujudkan dan mengisi kemerdekaan. Tumbuhnya kesadaran hangsa Indonesia yang dipelopori kaum tepe1ajar, menyadarkan bahwa seluruh rakyat Indonesia merupakan satu kesatuan bangsa yang menempati tanah air Indonesia.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama