Langkah-Langkah Menanamkan Disiplin Dalam Kehidupan

Langkah-Langkah Menanamkan Disiplin Dalam Kehidupan



Langkah-langkah tersebut umumnya dilakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran, lalu apa yang harus ditempuhuntuk menanamkan disiplin pada siswa jika siswa telah terlanjur melakukan pelanggaran. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:







Pemberitahuan


Maksud dengan pemberitahuan di sini ialah pembedtahuan kepada anak yang telah melanggarperaturan. tetapi iabelum mengetahui bahwaperbuatannyaitu athlah melanggar.

Teguran


Teguran diberikan kepada siswa yang baru satu atau dua kali melakukan pelanggaran. Anak yang baru satu atau dua kali melakukan pelanggaran belum berhak diberi hukuman. Anak mi cukup diberi teguran saja. Teguran dapat berupa kata-kata dan dapat juga berupa isyarat, misalnya dengan pandangan mata yang tajam atau dengan menunjuk dengan jari.


Pringatan


Peringatan diberikan kepada siswa yang telah beherapa kali melakukan pelanggaran dan telah diberikan teguran pula atas pelanggarannya. Dalam memberikan peringatan. biasanya disertai dengan ancaman akan sanksinya.apabila terjadi pelanggaran lagi.


Hukuman


Hukuman adalah yang paling akhir diambil apabila teguran dan peringatan belum mampu mencegah siswa melakukan pelanggaran.

Ganjaran


Ganjaran adalah alat pendidikan yang bersifat menyenangkan. Ganjaran  diberikan kepada siswa yang telah menunjukkan hasil yang baik dalam pendidikan pen laku dan semua kepribadiannya.

Dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga. maupun di masyarakat kalian pasti telah berbuat yang berhubungan dengankedisiplinan. Nah! Sekarang coba renungkan kembali hal-hal yang pernah kalian perbuat rnelalui kolom di bawah ini. Kalian dirninta membubuhkan tanda ceklist (V) pada kolom S jika perbuatan dimaksud selalu dilakukan, Sr jika sering, Pjikapernah, dan TP jika tidak pernah.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama