Makna, Prinsip Dan Tata Cara Membina Keserasian Dalam Berbagai Kehidupan Baik Dan Benar

Makna, Prinsip Dan Tata Cara Membina Keserasian Dalam Berbagai Kehidupan Baik Dan Benar



Keserasian merupakan kondisi yang menggambarkan terpadunya unsur-unsur yang terlibat dalam kehidupan bersama. Seperti kita ketahui, alam semesta terdiri atas makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Alam, tumbuh-tumbuhan; hewan, dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jika salah satu unsur di atas tidak ada. kehidupan alam semesta ini tidak akan serasi.



Keserasian merupakan gambaran suasana yang tertib, teratur, aman, damai, dan tenteram lahirbatin. Baik dalam kehidupan secara individu, keluarga, masyarakat maupun herhangsa dan bernegara. Keserasian akan terwujud apabila masingm asing individu dan lembaga-lembaga masyarakat menyadari serta melaksanakan tugas. fungsi, hak, dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab.

Kehidupan serasi, selaras, dan seimbang akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila kita bersikap dan berperilaku sesuai dengan kodrat. harkat, dan martabat serta tugas dan tanggung jawab nanusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut kodratnya, manusia adalah ciptaan Tuhan dan diciptakan sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial yang diiringi perangkat aturan deini keselamatan dunia dan akhirat.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama