Manfaat Hidup Rukun Dan Bekerja Sama Dalam Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara

Manfaat Hidup Rukun Dan Bekerja Sama Dalam Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara


Manfaat apa yang dapat kita peroleh dari hidup rukun? Sikap apa saja yang harus dikembangkan dalam menjalain kerja sama??

Hidup rukun adalah hidup dalam keadaan damai, tenteram, saling menghormati, dan saling membantu. Untuk mencapai tujuan dan cita-cita, manusia harus hidup rukun dan menjalin kerja sama yang erat dan harmonis.



Kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama merupakan adat-istiadat bangsa Indonesia, sejak zaman dahulu yang tercermin dalam kebiasaan bergotong-royong. Kebiasaan ini harus selalu dipertahankan dan dikembangkan. Dengan kebiasaan hidup rukun dan bekerja sama akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa sehingga dapat mempercepat tercapainy tujuan pembangunan nasional yang kita dambakan.

Dalam suatu masyarakat yang warganya memahami makna hidup rukun dan kerja sama akan tercipta ketenteraman dan kedamaian hidup. Antara satu warga dengan warga yang lain akan terjadi hubungan silih asah, silih asih, dan silih asuh. Artinya, antara warga yang satu dengan warga yang lain terbina kehidupan saling mendidik, saling menyayangi, dan saling mengayomi/melindungi. 

Ketenteraman dan kedamaian hidup ini dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan yang sangat dibutuhkan bagi usaha pencapaian masyarakat yang adil dan makmur secara material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih