Masuknya Islam Di Australia Dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Masuknya Islam Di Australia Dan Perkembangannya Hingga Saat Ini


  • Masjid
Pada abad ke-20 M perkembangan masjid di Australia cukup menggembirakan, karena banyak masjid yang dibuat oleh arsitek yang berasal dari penduduk pribumi Australia, di antaranya sebagai berikut.


  1. Pada tahun 1907 di Brisbane didirikan inasjid yang indah dan besar oleh arsitek Sharif Abosi dan Ismeth Abidin.
  2. Pada tahun 1967 di Queensland didirikan masjid lengkap dengan Islamic Centre di bawah pimpinan Fethi Seit Mecea.
  3. Pada tahun 1970 di Mareebe diresmikan sebuah masjid yang mampu memuat 300 jamaah dengan imamnya H. Abdul Lathif.
  4. Di kota Sarrey Hill dibangun masjid raya Faisal dengan bantuan pemerintah Arab Saudi.
  5. Di Sidney dibangun masjid dengan biaya 900.000 Dolar.

  • Pendidikan Islam
Pendidikan Islam diselenggarakan agar dapat melestarikan pertumbuhan kehidupan agama Islam. Maka di Brisbane didirikan Queensland Islamic Society yang bertujuan menyadarkan anak-anak muslim untuk melakukan salat dan hubungan baik sesama manusia.

Pelajarnya terdiri dan anak-anak yang berasal dan Indonesia, India, Pakistan, Turki, Afrika, Libanon, Albania, dan Australia sendiri. Mereka selama 5—15 tahun menerima pelajaran Al-Quran dan tata kehidupan secara Islam.
  • Organisasi Islam
Dalam usaha meningkatkan kemajuan Islam, maka didirikan bermacam-macam organisasi antara lain sebagai berikut.
  1. Australia Federation of Islamic Councils (Federasj Dewan-Dewan Islam Australia, berpusat di Sidney).
  2. Federation of Islamic Societies (Federasi Masyarakat Islam), organisasi itu bersifat nasional meliputi 85 buah organisasi masyarakat Islam lokal ditambah dengan 9 dewan Islam negara-negara bagian.
  3. Moslem Student Association (Himpunan Mahasiswa Muslim). Organisasi-organisasi itu mengeluarkan majalah Al-Manar (berbahasa Arab) dan Australia Mimaret (berbahasa Inggris). Majalah itu pertama kali dikeluarkan oleh Federation of Islamic Societies. Majalah itu bertebaran di New South Wales, Sidney, Victoria Melbourne, dan daerah-daerah lainnya.
  4. Moslem Women’s Centre (Pusat Wanita-Wanjta Islam), bertujuan memberikan pelajaran tentang keislainan dan juga memberikan pelajaran bahasa Inggris bagi kaum muslimin dan luar negeri yang datang ke Australia dengan kecakapan yang kurang dalam bahasa Inggris. Lembaga itu berdiri pada bulan Oktober 1979.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara