Melakukan Kajian Nilai Dan Moral Atas Isi Pesan

Melakukan Kajian Nilai Dan Moral Atas Isi Pesan



Pada bagian terdahulu sudah diuraikan peran serta lembaga keagamaan bagi peningkatan dan pengembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.



Penitngnya Lembaga Keagamaan Bagi Diri Dan Kehidupan Umum


Bangsa Indonesia telah dikenal sejak dahulu sebagai bangsa yang kaya budaya. Dalam setiap kegiatan yang bersifat budaya selalu ada hubungannya dengan nilai moral agama. Begitu pula dalam kehidupan hernegara selalu dflandasi oleh nilai moral agama. Oleh karena itu, kita selalu dapat merasakan dan melihat dalam setiap kegiatan keagamaan yang tampak semarak, adanya keserasian, keselarasan, dan keharmonisan antara lahir dan batin.

Aspek Keagamaan Dalam Berbagai Kehiduapn Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara


Isi ajaran agama itu pada hakikatnya berupa pedoman dan petunjuk. Yang memberikan arahan dan bimbingan kepada manusia tentang bagaimana seharusnya bersikap dan berperilaku dalam pergaulan hidup di masyarakat, bangsa, dan negaranya. Hal-hal yang harus diperbuat dan yang tidak boleh diperbuat manusia telah ditentukan oleb ajaran agama. Jika norma agama itu dilaksanakan dengan baik, kehidupan manusia itu akan tertib, teratur dan memperoleh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat nanti.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama