Menganalisis Dan Menyimpulkan Pola Hidup Sederhana

Menganalisis Dan Menyimpulkan Pola Hidup Sederhana



Hidup sederhana tidak hanya tercermin dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga harus terwujud dalam berbagai lingkungan kehidupan termasuk di dalamnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang diharapkan dalam rangka hidup sederhana adalah senantiasa dituntut untuk memiliki kesadaran agar selalu berusaha serta menjaga kelestarian sumber daya alam lainnya dan lingkungan hidup.



Nilai Moral Dan Isi Pesan Pola Hidup Sederhana


Mengapa kita selalu dituntut untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup? Hal itu tiada lain harus kita tinjau dan sudut kepentingan generasi muda atau generasi yang akan datang, karena kesinambungan itu hams kita jaga dan agas sumber daya alam dan Iingkungan hidup dapat terus memberikan kemakmuran terhadap kehidupan bangsa dan negara. Oleh karena itu, adanya kesadaran kita serta adanya kemauan untuk menjaga sumber daya alam dan lingkungan hidup ini adalah wujud tanggung jawab kita terhadap keselamatan generasi sekarang dan yang akan datang.

Dalam kehidupan modern ini bagi bangsa Indonesia tentu akan mengalaini perubahan terutama dalarn pola berpikirnya, yaitu yang tadinya memiliki pola piker yang tradisional sekarang beralih pada pola pikir yang modern. Dalam kehidupan modern ini yang terpenting bagi bangsa Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang adalah menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi harus senantiasa tetap menunjukkan kepribadian Indonesia, artinya dalam penyerapannya tidak semena-mena atau disaring terlebih dahulu karena nantinya ditakutkan akan bertentangan dengan kepribadian bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Penilaian Terhadap Pola Hidup Moden Kaitannya Dengan Pola Hidup Sederhana


Kehidupan modern dapat menimbulkan berbagai aspek, baik itu yang berdampak negatif maupun yang berdampak positif. Hal ini terutama terjadi pada negara-negasa yang sedang berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi negara-negara yang sedang berkembang merupakan suatu rangsangan dalam meningkatkan kehidupan agar tidak tertinggal dan negara-negara yang telah lebih dahulu maju.

Pesatnya kemajuan teknologi disamping berdampak positifjuga berdampak negatif. Hal ini timbul karena kesadaran manusia yang kurang peka terhadap akibat yang akan ditimbulkan dan kemajuan teknologi.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama