Mengembangkan Keyakinan Pentingnya Kerja Sama Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara

Mengembangkan Keyakinan Pentingnya Kerja Sama Dalam Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara



Mengapa setiap orang perlu bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana cara mengembangkan sikap bekerja sama dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara?

Manusia sebagai Makhluk Sosial


Menurut Aristoteles, manusia adalah makhluk sosial (zoon pot iticon). Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dan pertolongan manusia lain.



Manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan, misalnya makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan hiburan. Selain itu, manusia memerlukan kebutuhan dalam bentuk lain seperti kasih sayang, perasaan simpati, dan cinta. Kebutuhan-kebutuhan tersebut hanya bias terpenuhi apabila manusia saling bergaul dan bekerja sama antara satu sama lain. Dalam menjalin kerja sama, kita harus mengerti keadaan orang lain, bersikap penuh sopan-santun, menghargai setiap orang tanpa kecuali, tidak membeda-bedakan manusia karena agama, warna kulit, suku bangsa, bahasa maupun adat-istiadat.

Pentingnya Bekerja Sama dalam Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara


Manusia memiliki keterbatasan kemamp uan, baik lahir maupun batin. Artinya, bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna. Oleh karena kemampuan manusia sangat terbatas maka manusia perlu menjalin kerja sama dengan manusia lainnya.

Bekerja sama hanya boleh dilakukan dalam berbuat kebajikan demi kepentingan bersama. Ingat pepatah yang mengatakan, “Bekerjasamalah dalam berbuat kebajikan, dan janganlah bekerja sama dalam kemaksiatan (keburukan).” Banyak manfaat yang dapat kita petik dan kebiasaan hidup bekerja sama, antara lain
  1. menjadikan pekerjaan cepat selesai;
  2. beban yang berat menjadi lebih ringan;
  3. masalah yang rumit bisa terselesaikan dengan baik;
  4. kerukunan hidup akan tercipta;
  5. memupuk rasa persatuan dan kesatuan.
Tujuan dan cita-cita hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara akan cepat tercapai apabila seluruh anggota masyarakat men yadarinya arti pentingnya menjalin kerja sama. Masyarakat yang adil makmur akan segera terwujudkan apabila semua anggota mas yarakatnya secara sadar mau bahu-membahu membangun bangsa dan negaranya.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih