Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Dan Menghormati Keputusan Musyawarah

Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Dan Menghormati Keputusan Musyawarah



Bagaimana menurutmu jika setiap orang tidak memiiki rasa tanggungjawab? Cara apa yang tepat untuk mengembangkan sikap tanggung jawab dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara?

Sikap Tanggung Jawab Dan Menghormati Keputusan Musyawarah


Pada prinsipnya, musyawarah bertujuan untuk mencari kesepakatan dan mempermudah memecahkan suatu permasalahan atau mencari jalan keluar atas persoalan-persoalan yang timbul secara bersama-sama. Musyawarah dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih, keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Sikap kekeluargaan, saling menghormati, menghargai pendapat orang lain, dan sikap demokratis merupakan norma-norma yang diperlukan dalam pelaksanaan musyawarah agar hasilnya dapat diperoleh sebaik mungkin. 



Hasil dan suatu musyawarah yang dilakukan mencerminkan keputusan semua peserta musyawarah maka putusan tersebut sudah seharusnya dihormati dan dihargai, walaupun tidak sependapat dengan kita.

Oleh karena itu, setiap peserta musyawarah hendaknya mengeluarkan pendapatnya masingm asing di saat musyawarah berlangsung. Hal ini disebabkan keputusan dan musyawarah tersebut akan menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama.

Contohnya musyawarah di lingkungan sekolah untuk menentukan ketua OSIS, musyawarah di lingkungan masyarakat untuk memilih ketua RI! RW, atau musyawarahm usyawarah yang sering dilakukan di lingkungan keluarga. Hasil musyawarah merupakan keputusan bersama yang harus dihormati dan dihargai. Keputusan tersebut juga menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih