Mengemukakan Pandangan Tentang Demokrasi

Mengemukakan Pandangan Tentang Demokrasi



Demokrasi liberal didasari dan dijiwai oleh pandangan liberalisme, yaitu paham yang menekankan pada kebebasan individu yang amat luas dan longgar dengan mengabaikan kepentingan urnurn. Titik berat perhatian dalam demokrasi ini adalah persamaan dalam bidang politik, sedangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi kurang diperhatikan. Demokrasi liberal sering disebtit demokrasi barat karena demokrasi ini pada umumnya dipraktikkan oleh negara-negara Barat, antara lain Amerika Serikat, Inggris serta Eropa Barat.

Demokrasi liberal oleh kaum komunis disebut demokrasi kapitalis karena dalam pelaksanaan demokrasi tersebut kaum kapitalis selalu memperoleh kemenangan yang disebabkan oleh pengaruh uang untuk menguasai masyarakat.



Demokrasi barat itu lebih bersifat sekuler, terlalu menonjolkan kebenaran/ kebajikan nasional atau duniawi saja, menonjolkan pelaksanaan hak-hak asasi manusia secara berlebihan, terlalu mengutamakan hak oposisi dan mayoritas, mengutamakan voting suara terbanyak dalam mengambil keputusan, dan Iebih mengutamakan mayoritas. Adbatnya, kehidupan di negara-negara barat menj adi terlalu individualistis, terlalu bebas, sewenang-wenang, sekuler, yang kemudian menumbuhkan feodalisme, kapitalisme, monopolisme, etatisme, pemusatan kekuasaan dan ekonoini pada perseorangan atau kelompok, serta imperialisme dalam segala bentuknya.

Demokrasi komunis disebut juga demokrasi Timur, yaitu demokrasi yang didasari dan dijiwai oleh paham komunisme. Dalam demokrasi ini yang diutamakan adalah kepentingan negara atau kepentingan umum dengan mengabaikan kepentingan individu/perseorang. Titik berat perhatian negara adalah persamaan dalam bidang ekonoini, sedangkan kebebasan dalam bidang politik diabaikan.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama