Menilai Bentuk Pejajahan Dalam Berbagai Bidang

Menilai Bentuk Pejajahan Dalam Berbagai Bidang



Selama kurang lebih setengah ahad, bangsa kita berada dalam cengkeraman penjajah. Sejak semula api kepahiawanan berkobar di seluruh nusantara untuk menentang penjajah. Hal ini merupakan ciri bangsa Indonesia yang cintakemerdekaan. Namun sayang sekali, perlawanan.itu tidak seimbang dalam hal senjata sehingga banyak mengalami kegagalan menumbuhkan perasaan senasib sepenanggungan bangsa Indonesia yang menjadi dasar tumbuhnya persatuan dan kesatuan bangsa.


Penjajah menggunakan cara divide et impera; yaitu. memecah belah bangsa. Dengan car itu, penjajah berhasil menguasasi tanah air. Sebenarnya. Penjajah tahu bahwa persatuan merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia. Oleh karena itu. rasa persatuan di antara rakyat harus dirusakkan agar dapat dengan mudah dikuasai. Meskipun demikian, bangsa Indonesia menyadari bahwaperpecahan akan mengakibatkan keruntuhan sebagaimana semboyan yang berbunyi “Bersatu kita teguh. bercerai kita runtuh”. Persatuan sebagai senjata ampuh untuk memperoleh kemerdekaan menuntut adanya persatuan antara pemimpin dan rakyat serta persatuan dan rakyat dengan rakyat. Hal mi merupakan modal bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, muncul bentuk baru penjajahan yang lebih bersifat modern, di antaranya dalam bidang ekonomi, sosial budaya, inforrnasi, politik, dan keamanan.

Penjajahan Di Bidang Politik


Penjajahan politik itu berusaha menjadikan bangsa dan negara lain sebagai jajahannya yang harus tunduk, patuh, dan mengabdi pada negara penjajah. Bangsa penjajah merasa berkuasa sehingga bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat terjajah. memeras tenaga maupun hasil kekayaan alam negara terjajah untuk kepentingan kaum penjajah.

Penjajahan di Bidang Ekonomi


Bentuk-bentuk penjajahan ekonomi itu tampak jelas dan praktik-praktik monopoli. rentenir, pengijon, etatisme, dan sejenisnya, pembatasan hak-hak ekonomi rakyat secara ketat, serta bantuan ekonomi dan negara kuat yang dikaitkan dengan kepentingan politiknya. Penjajahan ekonomi itu tentu saja tidak sesuai dengan hak-hak asasi manusia, yakni asas keadilan sosial.

Penjajajhan di Bidang Sosial Budaya


Penjajahan dalam kehidupan sosial budaya antara lain masuknya pengaruh nilai-nilai sosial budaya negara-negaramaju, seperti tumbuhnya sikap hidup indivi.dualisme, gaya hidup ala Barat seperti mahuk-mabukan, penyalahgunaan narkotika dan obatobat terlarang, gemar hidup berfoya-foya dan lain-lain.

Penjajahan di Bidang Pertahanan Keamanan


Penjajahan di bidang pertahanan dan keamanan. misalnyabantuan militer terhadap negara-negara yang sedang berperang, memberi bantuan kepada negara lain yang dikaitkan dengan kepentingan politik, dan sebagainya. Hal tersebut tidak mencerminkan persahabatan, keija sama, dan kesetiakawanan yang tulus.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama