Meningkatkan Kesetiaan Terhadap Bangsa Dan Negara Indonesia

Meningkatkan Kesetiaan Terhadap Bangsa Dan Negara Indonesia




Sebagai pelajar, kita dituntut untuk dapat mengembangkan sikap dan perilaku setia terhadap bangsa dan negara. Hal ini bertujuan agar kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara dapat terwujud. Cara-cara yang dilak√ľkan untuk mengembangkan kesetiaan terhadap bangsa dan negara, antara lain sebagai berikut:



Membiasakan Din Menggunakan Bahasa


Indonesia dalam Percakapan Sehari-hari Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, dapat meningkatkan kesetiaan kita terhadap tanah air dan bangsa. Dengan berbahasa Indonesia kita akan merasa sebagai satu bangsa. Kita tidak lagi menonjolkanbahasa daerah kita masing-masing. Ingat Ikrar Sumpah Pemuda yang dikumand angkan pada tanggal 28 Oktober 1928. Sejak saat itu, pemuda kita telah menyatukari tekad untuk menjunjung bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia.

Mempelajari, Memahaini, Menghayati, dan Mengamalkan Pancasila


Kesetiaan terhadap bangsa dan negara Indonesia dapat kita tumbuhkan dengan cara berusaha mempelajari, memahaini, menghayati, dan mengamalkan Pancasila. Memahaini, menghayati, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, berarti kita telah berusaha melestarikan kehidupan berbangsa dan bemegara. Dengan deinikian, kesetiaan terhadap bangsa dan negara dapat tumbuh dan berkembang dalam din dengan sendirinya.

Berusaha Mengembangkafl Kebudayaan Nasional Indonesia


Kebudayaan nasional Indonesia adalah buah cipta, rasa, dan karsa bangsa Indonesia. Kebudayaan nasional Indonesia merupakan kumpulan kebudayaan-kebudayaan daerah yang harus kita lestarikan dan kembangkan. Dengan kebudayaan nasional ini, kita dikenal oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Menggunakan Produk dalam Negeri


Melalui kebiasaan menggunakan produk dalam negeri, kita telah turut mengembangkan rasa setia kepada bangsa dan negara Indonesia dan membantu pembangunan nasional untuk mencapai masyarakat adil makmur, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Apabila kita mau menggunakan produksi dalam negeri, seperti pakaian, alat-alat elektronik, ma- kanan, dan barang-barang produksi lainnya yang merupakan hasil karya Gamba bangsa Indonesia, berarti kita telah ikut serta memajukan usaha-usaha dalam negeri. Jika usaha-usaha tersebut mengalaini kemajuan
maka akan mempengaruhi kemajuan ekonoini nasional.

Mengikuti Upacara Bendera


Upacara bendera biasanya diadakan di sekolah pada setiap hari Senin pagi dan Sabtu sore. Tujuan dilaksanakannya upacara bendera tersebut, yaitu untuk mengembangkan kesetiaan terhadap bangsa dan negara.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih