Meningkatkan Pengalaman Pola Hidup Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Meningkatkan Pengalaman Pola Hidup Sederhana Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Dalam rangka pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila, antara lain pola hidup sederhana, diperlukan sikap tenggang rasa terhadap orang lain walaupunterdapat kemungkinan kemampuan untuk berbuat secara berlebihan. Di dalam lingkungan kehidupan masyarakat terdapat contoh-contoh tuntunan untuk pola hidup sederhana. Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh pengamalan pola hidup sederhana dalam berbagai lingkungan kehidupan.

Lingkungan Keluarga


Di dalam lingkungan keluarga, orang ma memberikan contoh-contoh yang merupakan tuntunan tingkah laku kepada anak-anaknya. Beberapa perbuatan yang berhubungan dengan pola hidup sederhana antara lain


  1. menyelenggarakan ulang tahun anak-anaknya dengan sederhana;
  2. memenuhi kebutuhan sehari-hari secara wajar, pantas, dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan, tetapi tidak berlebihan; dan
  3. menyelenggarakan hajat perkawinan keluarga tidak berlebihan atau sekedar mengejar gengsi.

Lingkungan Sekolah


Lingkungan sekolah merupakan lingkungan kddua bagi siswa setelah lingkungan keluarga.

Di lingkungan sekolah hendaknya dilaksanakan hal-hal berikut.
  1. Kepala sekolah dan guru berpakaian pantas, wajar, dan tidak berlebihan.
  2. bPengadaan peralatan sekolah untuk kepentingan proses belajar mengajar disesuaikan dengan fungsi alat atau tidak memesan alat-alat yang mewah dan mahal, tetapi tidak mencapai sasaran kegunaannya.
  3. Upacara sekolah diselenggarakan secara sederhana, khidmat, dan mencapai tujuan.

Lingkungan Masyarakat


Lingkungan masyarakat mempunyi pengaruh yang penting dalam kehidupan. Keberhasi Ian pengendalian din dengan tidak bergaya hidup mewah selain ditentukan lingkungan keluarga dan sekolah, ditentukan pula oleh lingkungan masyarakat yang menunjang.

Hidup mewah, boros, dan berlebih-lebihan bertentangan dengan kepribadian bangsa dan ajaran agama. Hidup semacam itu bukan saja bersifat sosial, tetapi juga bertentangan dengan nilai-nilái luhur Pancasila untuk meningkatkan kadi1an sosial di dalam masyarakat Indonesia.

Dalam melaksanakan nilai-nilai luhur Pancasila untuk menuju masyarakat yang sejahtera antara lain diperlukan pengendalian sikap hidup yang tidak bergaya mewah, melainkan melaksanakan pola hidup sederhana. Pola hidup sederhana antara lain terlihat melalui hal-hal berikut.
  1. Tidak menyelenggarakan upacara-upacara pribadi di dalam masyarakat secara berlebih-lebihan tanpa tenggang rasa terhadap golongan yang berkekurangan sehingga dapat menimbulkan keresahan, kesenjangan, dan kecemburuan sosial.
  2. Mengurangi atau membatasi masuknya barang-barang mewah dan luar negeri sehingga tidak mendorong masyarakat untuk pamer kemewahan dalam hidupnya.
  3. Pejabat di lingkungan pemerintahan menepati ketentuan yang berlaku untuk melaksanakan pola hidup yang tidak berlebih-lebihan.
Sumber Pustaka: Yudhistira