Menjunjung Tinggi Kejujuran, Kebenaran Dan Keadilan

Menjunjung Tinggi Kejujuran, Kebenaran Dan Keadilan



Kejujuran adalah apa yang dilakukan sesuai dengan hati nurani, kebenaran, keadilan dan kelayakan norma-norma umum/berlaku. Jujur juga berarti, seseorang yang hersih batinnya atau hatinya dan perhuatan-perbUatan yang dilarangoleh norma agama dan norma-norma lainnya. Jujur berarti, mampu menepati janji, baik yang berbentuk kata-kata maupun yang masih di dalam hati atau batin. Dengan deinikian, seseorang yang tidak menepati janji, niatnya berarti membohongi dirinya sendiri, sedangkan jika ia tidak menepati janjinya dalam bentuk kata-kata, kebohongannya itu akan disaksikan oleh orang lain.

Sikapjujur hendaknya dimiliki oleh setiap orang dan dilaksanakan dalam setiap kehidupan sebab kejujuran akan mewujudkan keadilan. Kejujuran akan memberikan keheranian dan ketenteraman hati serta kebajikan.


Arti Kebenaran


Kebenaran adalah perbuatan yang tidak menyimpang dan ketentuan-ketentuan atau kebiasaan-kehiaSaafl yang sudah ada di masyarakat. Perbuatan yang menyimpang dan ketentuan dan kebiasaan merupakan perbuatan yang tidak benar di mata masyarakat: Untuk menentukan benar atau tidaknya suatu perbuatan harus ada tolok ukur atau ukuran tentang kebenaran. Ketiadaan tolok ukur atau ukuran tentang kebenaran akan mengaldbatkan kesimpangsiuran yang pada akhimya akan melahirkan ketidakadilan dan ketidaktenteraman.

Bagi bangsa Indonesia, yang dijadikan tolok ukur kebenaran dan keadilan adalah pandangan hidup dan dasar negara Pancasila. Dengan deinikian, Pancasila merupakan sumber nilai dan berbagai nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Indonesia.

Kebenaran harus kita pertahankan karena jika kebenaran ini sudah tidak tampak atau tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka keserasian kehidupan manusia di masyarakat tidak akan terwujud. Hal tersebut disebabkan faktor-faktor berikut ini.
  1. a. Manusia akan bertindak menurut kehendak hatinya tanpa didasarkan oleh aturan-aturan yang berlaku.
  2. b. Orang-orang tidak lagi memperhatikan kepentingan masyarakat dan negara.
  3. c. Jika ada permasalahan yang akan diselesaikan, tindakannya didasarkan pada kemauannya sendiri-sendiri.
Kebenaranituharus kitajunjung tinggi karena dengan menegakkan kebenaran, berarti:
  1. sudah mencerininkan pribadi yang baik;
  2. mencerininkan pribadi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila;
  3. akan membawa pada keselamatan din sendiri dan orang lain;
  4. perbuatannya dapat dipertanggungjawabkan, baik terhadap din sendiri, masyarakat, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Arti Adil


Adil, mengandung arti bahwa suatu keputusan dan tindakan didasarkan atas norma-norma yang objektif, dan tidak sewenang-wenang. Kita harus berani bertindak adil, dan kita hams menegakkan keadilan karena berikut ini.
  • Setiap manusia mempunyai kedudukan yang sederajat dan sarna dihadapan undang-undang negara.
  • Setiap warga negara mempunyai kewajiban dan hak-hak yang sama.
  • Setiap warga negara dijainin hak serta kebebasannya yang menyangkut:1) hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa;
    2) hubungan dengan orang lain;
    3) hubungan dengan negara;
    4) hubungan dengan masyarakat.
     Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama