Nilai Moral Keramahtamahan Dan Hikmah Yang Diperoleh Dari Kerja Sama Antar Bangsa

Nilai Moral Keramahtamahan Dan Hikmah Yang Diperoleh Dari Kerja Sama Antar Bangsa



Nilai moral keramahtamahan yang perlu ditekankan bagi kita sendiri dan generasi bangsa Indonesia di antaranya lapang dada, berjiwa besar, kekeluargaan, saling menghargai, menghormati sesama, dan suka menolong.
  • Lapang Dada
Dalam menghadapi berbagai masalah yang ada bangsa Indonesia harus menghadapinYa dengan lapang dada, tidak lan dan masalah yang harus dipecahkan.Tidak mudah menyerah dan berputus asa dalam menghadapi segala macam hambatan, ancaman dan gangguan yang datang baik dan dalam negeni maupun dan luar negeri.


  • Berjiwa Besar
Bersikap bijaksana dan toleran. Sikap beiiwa besar harus ditanamkan pada din warga negara Indonesia agar negara kita tenjaga dan terpelihara.
  • Keleluargaan
Kekeluargaan merupakan kepnibadi an bangsa Indonesia yang turun temurun. di mana setiap masalah senantiasa dipecahkan melalui jalan musyawarah. Ikatan kekeluargaan terjalin dengan kuat sehingga walaupun ada anggota keluarga yang terpisah oleh daerah yang berheda, mereka masih tetap saling mencintai. Hal ini sangit terlihat jelas pada budaya mudik.
  • Saling Menghargai
Sikap saling menghargai menjadikan hidup rukun dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa untuk bersikap. Atas dasar sikap saling menghargai inilab, bangsa Indonesia dapat berhubungan baik dengan negara lain. Kita dapat saling bekerja sama, baik dalam bidang ekonomimaupun dalam bidang budaya serta kerja sama dalam bidang lainnya yang sesuai dengan kepribadiƔn bangsa dan mendukung pembangunan.
  • Menghomati Sesama
Manusia rnempunyai hak dan kewajiban uniuk bersikap saling menghormati. Oleh karena itu, setiap orang nlempunyai hak untuk dihormati orang lain ataupun sebaliknya. Apabila setiap orang menyadari hal tersebut, niscaya hubungan yang terjadi antarsesama manusia akan terbina dengan baik. Begitu pula halnya hubungan negara kita dengan negara lain di dunia in Hubungan satu negara dengan negara lainnya akan harmonis apabila saling rnenghormati. Dengan adanyĆ” ikap saling menghormati sesama bangsa dan negara, akan tercipta pula perdamaian dunia.
  • Suka Menolong
Selain sikap saling menghargai dan menghormati sesama, kehidupan ini akan terasa lebih aman dan tenteram seandainya setiap orang suka menolong orang lain. Apabila kitasuka menolong orang lain. orang lain pun tidak segan-segan menolong kitajika kita themerlukan pertolongan. Dalam memberikan pertolongan, hendaknya tidak membeda-bedakan ras, suku, bangsa. agama. dan sebagainya yang sifatnya membedakan din kita. Negara kita pun mewujudkan sikap saling menolong ini, inisalnya dengan memberikan bantuan pangan pada negara Ethiopia, Somalia. dan beberapa negara lain yang memerlukan bantuan.
  • Ciri Sikap Ramah Tamah
Seseorang yang memiliki sikap ramah tamah dapat dilihat dan ciri-ciri benikut ini:

  1. tidak pernah berkata kasar kepada orang lain;
  2. murah senyum;
  3. selalu saling rnenegurjika bertemu;
  4. suka memaafkan kesalahan orang lain;
  5. senang bersahabat dengan siapa saja;
  6. berusaha menghargai orang lain;
  7. mau membantu orang yang memerlukan pertolongan dan sbagainya;
  8. menghargai pendapat orang lain;
  9. sukamemberi pertolongan;
  10. tenggang rasa dan tepa selira;
  11. gotong royong;
  12. kekeluargaan;
  13. musyawarah untuk mufakat;
  14. bersopan santun dalam pergaulan di masyarakat dan sehagainya.

Hikmah Yang Diperoleh Dari Kerja Sama Antar Bangsa


Kerja sama antarbangsa banyak sekali ragamnya, bisa dalam bidang ekonoini. sosial, pendidikan clan kebudayaan bahkan yang lebih penting lagi adalah bidang teknologi yang saling menguntungkan. Dalam rangka itulah. kerjasama dengan bangsa lain penlu di bina dan dikembangkan untuk mewujudkan cita-cita nasional. yang didasarkan pada sikap persahabatan dan saling menghormati. Hikmah yang diperoleh dan kerja sama antarbangsa dapat dirasakan oleh masyarakat, bangsa. dan iiegara Indonesia antara lain:
  1. semakin pesatnyapertumbuhan ekonoini;
  2. semakin tingginya pendtdikan masyarakat dan profesional;
  3. semakin majunya bidang industri, pertambangan, pertanian. dan kornunikasi;
  4. semakin pesatna kemampuan dalam bidapg IPTEK;
  5. semakin pesatnya kunjungan wisatawan mancanegara.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama