Nilai-Nilai Penting Kesetiakawanan Sosial

Nilai-Nilai Penting Kesetiakawanan Sosial



Setiap manusia dalam merealisasi penghidupan untuk kesejahteraan kehidupannya dalam masyarakat selalu memerlukan tata nilai. Fungsi tata nilai itu mendorong dan mengarahkan manusia untuk bersikap dan berperilaku. Oleh karena itu, tata nilai manusia merupakan suatu yang berharga atau berguna untuk memperkaya batin dalam berperilaku, sehingga selaras dengan persepsi yang dimiliki masyarakat.

Nilai Kesetiaan dalam Masa Penjajahan


Bangsa Indonesia telah mengalami masa yang suram, terbelenggu oleh penjajahan selama tiga setengah (± 3,5) abad. Betapa banyak penderitaan dan kepedihan bangsa Indonesia pada masa itu sehingga banyak sekali para pahiawan dan patriot bangsa yang gugur dalam mempertahankan kebenaran dan keadilan. Perjuangan pada masa itu tidak mengenal menyerah, semboyannya hidup atau mati.



Bangsa Indonesia pada waktu itu belum terkoordinasi untuk bersatu karena masing-masing daerah mempertahankan wilayahnya sendiri-sendiri, sehingga kekuatan perlawanan terhadap penjajah menjadi lemah. Bahkan, ada sebagian kecil dan pihak kita memihak penjajah dan mengkhianati bangsa sendiri serta kesetiaannya kepada bangsa dan negara menjadi tipis dan hilang.

Kita sadar bahwa kesetiaan berdampak positif terhadap terwujudnya suatu potensi dan kesatuan yang pada gilirannya akan lahir kekuatan yang bermanfaat. Sejarah telah membuktikan bahwa timbulnya beberapa organisasi pergerakan nasional seperti; Budi Utomo, PNI, Partindo, dan lain-lain bukannya tidak bermanfaat, tetapi efektivitas kekuatan yang ditampilkan agaknya kurang optimal.

Tentunya kesetiaan terhadap negara dan bangsa yang dimaksud ialah semangat patriotic yang dilandasi semangat perjuangan nasional atau nasionalisme sehingga kesetiaan terhadap bangsa dan negara dalam kurun waktu akan tampakberupa goresan nama baikpahlawan kusuma bangsa, yang telah mengantarkan kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai titik puncak perjuangan yang mahal dari,para patriot kusuma bangsa Indonesia.

Realisasi Nilai Kesetiakawanan Sosial dalam Kehidupan


Seperti telah terpapar dalam penjelasan sebelumnya bahwa kehidupan setiap manusia akan bermakna apabila kehidupannya berasaskan kebersamaan. Secara kodrati pun manusia selalu dituntut hidup sebagai makhluk sosial di samping sebagai makhluk individu.

Sebagai makhluk sosial kita hams saling menolong dan bantu-membantu dalam hidup bermasyarakat karena jiwa sosial dan setia kawan merupakan nilai yang hidup dan terpelihara sejak dahulu. Sebagai makhluk individu tentu kita tidak bisa melepaskan tanggung jawab sosial kita kepada masyarakat, bangsa, dan negara, tetapi kita hams gigih membela kepentingan bersama dan loyal terhadap negara serta tetap mempertahankan kebenaran dan keadilan.

Realisasi pembangunan nasional dewasa mi tentunya sejauh mungkin ditujukan untuk mengantisipasi dampak negatif era globalisasi, sehingga kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Sedangkan ukuran dan kondisi kemajuan suatu bangsa, dapatdilihat sejauh mana bangsa tersebut mampu memanfaatkan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologinya untuk meningkatkan kesejahteraan. Pembangunan nasional Indonesia ditunjukan untuk memberikan kesejahteraan rakyat secara lahir dan batin yang setinggi-tingginya.
Sumber Pustaka: Yudhistira