Nilal Moral Dan Isi Pesan Pola Hidup Sederhana

Nilal Moral Dan Isi Pesan Pola Hidup Sederhana



Pada saat kita membangun manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya sekarang ini sangat diperlukan lahimya putra-putri Indonesia yang mempunyai sikap hidup sederhana. Untukmencapai kesederhanaan itu, sejak kecil perlu dibina dan dikembangkan sikap hidup sebagai berikut.

Sehat


Sikap hidup sehat ditandai oleh sikap memelihara gizi makanan, berolahraga secara teratur, bekerja keras, berkreasi, dan istirahat yang cukup. Warga negara yang sehatjasmani dan rohani akan mampu belajar, bekerja, serta membangun diri, keluarga, dan masyarakat.


Hemat


Sikap hidup hemat adalah sikap hidup yang berorientasi kepada han esok yang lebih cerah dan suka menabung. Hidup hemat dan sederhana bukan berarti hidup kikir dan egois, melainkan turut meinikirkan han esok untuk anak-anak dan generasi penerus. Hemat berarti tidak suka boros atau berfoya-foya untuk kesenangan sendiri dan hanya berpedoman semua untuk han ini.

Sikap hidup hemat juga menumbuhkan sikap sosial serta memperhatikan dan membantu orang lain terutama yang sangat memerlukan bantuan kita. Hemat termasuk kesadaran memelihara lingkungan hidup agar kita dapat sehat deini kehidupan manusia dan menjainin terpeliharanya sumber-sumber alam untuk kehidupan anak cucu yang akan datang.

Rajin


Sikap rajin ditandai sikap suka belajar dan bekerja sebagai modal hidup. Sikap hidup rajin selalu mendayagunakan potensi alam, seperti memanfaatkan tanah dengan bercocok tanam dan menggunakan waktu belajar dan bekerja.

Cermat Dan Teliti


Sikap hidup cermat dan teliti berarti dalam melakukan sesuatu,baik dalam bekerja atau berbicara dan selalu memperhitungkan hasil dan akibat dan perkataan dan perbuatan. Cermat adalah sikap hidup dewasa yang bertanggung jawab dan bijaksana.

Berdisiplin


Berdisiplin adalah sikap hidup yang selalu menjunjung norma-norma kehidupan. Berdisiplin hendaknya mencakup aspek-aspek berikut ini.
  1. Berdisiplin dalam menjalankan ajaran agama yang dianut demi kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
  2. Berdisiplin pada hukum negara dan taat pada peraturan yang berlaku.
  3. Tertib dalam waktu yang tepat dalam janji untuk memelihara kepercayaan orang lain dalam usaha pergaulan.
Berdisiplin berarti dengan sukarela melaksanakan peraturan yang telah ditentukan tanpa diawasi oleh orang lain. Hidup berdisiplin akan menumbuhkan sikap yang jujur, berani mengemukakan kebenaran, dan bertanggung jawab.
Sumber Pustaka: Yudhistira