Pelaksanaan Kehidupan Demokrasi Pancasila Melaui Ormas/Orpol/Parpol

Pelaksanaan Kehidupan Demokrasi Pancasila Melaui Ormas/Orpol/Parpol



Berikut ini adalah ormas kemasyarakatan dan macam-macam ormas yang perlu kira ketahui bersama.

Pengertian Oraganisasi Kemasyarakatan (Ormas)


Organisasi kemasyarakatan adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat Indonesia berdasarkan ketentian yang berlaku serta secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan. profesi. fungsi, agama, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, untuk berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.



Berbeda dengan organisasi politik, organiasi kemasyarakatan mi tidak bergerak di bidang politik. Organisasi kemasyarakatan yang berkembang di masyarakat banyak ragam dan jenisnya dan tidak terbatas jumlahnya. Misalnya, orginisasi yang bercorak keagamaan, kepemudaan, sosial, pendidikan, kewanitaan, kebudayaan, dan sebagainya.

Macam-Macam Ormas


Organisasi Kemasyarakatan di negara kita banyak macamnya, yaitu:
  1. orgailisasi pemuda, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), KNPI, KOSGORO, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Pemuda Pancasila, dan sebagainya;
  2. organisasi profesi, misalnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PORI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ikatan Advokat Indonesia (IAI), Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), clan sebagainya;
  3. organisasi keagamaan, misalnya Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persatuan Islam (Persis), Majelis Ulama Indonesia (MUI), UGI, MAWI, WALUBI, dan sebagainya.