Pelaksanaan Pembangunan Nasional Dalam Kaitannya Dengan Pola Hidup Sederhana

Pelaksanaan Pembangunan Nasional Dalam Kaitannya Dengan Pola Hidup Sederhana



Pembangunan yang sedang giat-giatnya kita lakukan ini antara lain bertujuan mengangkat harkat dan martabat warga negara Indonesia. Mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan diusahakan untuk lebih ditingkatkan kehidupannya, sehingga layak dan manusiawi. Pada dasarnya, pembangunan yang kita laksanakan sekarang ini adalah untuk niemerangi kemiskinan. Dengan demikian, bangsa kita dengan sadar berusaha untuk membuat warganya menjadi makmur.



Pancasila menjadi pandangan dan dasar negara kita dalam hidup bemegara dan bermasyarakat. Salah satu nilal moral yang terkandung dalam sila kelima Pancasila adalah tidak boros dan tidak bergaya hidup mewah. Hal itu menunjukkan keharusan warga negara untuk hidup dengan sederhana, wajar, dan tidak berlebihan. Selain itu, pembangunan kita sekarang ini menuntut kepada kita untuk mempunyai sikap setia kawan, terutama kepada saudara-saudara kita yang masih tertinggal karena keiniskinan ataucebodohan. Hidup memamerkan kekayaan di tengah-tengah masyarakat yang sederhana, kurang berkecukupan, dan iniskin berarti hanya meinikirkan diri sendiri, kurang bersikap sosial dan sombong.

Sikap seperti itu tidak mengundang simpatik, tetapi dapat menimbulkan antipati. Pancasila mengingatkan kita agar hidup sederhana dengan cara hidup wajar, bersahaja, tidak berlebih-lebihan, tidak boros, dan tidak bermewah-mewah.
Sumber Pustaka: Yudhistira