Penerapan Nilai Kerja Sama Dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Penerapan Nilai Kerja Sama Dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan


Berikut ini adalah penerapan nilai-nilai kerja sama dalam berbagai lingkungan kehidupan.

Mengembangkan Kerja Sama Antarpemeluk Agama dalam Berbagal Kehidupan


Kerja sama antarpemeluk agama dilaksanakan atas dasar saling pengertian, kesepakatan, dan kesadaran sehingga tercipta kondisi yang tertib, damai, dan maju. Kondisi ini dapat kita kembangkan dalam berbagai kehidupan, antara lain seperti berikut.


  1. Di lingkungan masyarakat misalnya, kita bentuk klub sepak bola atau bola voli tanpa membeda-bedakan agama atau kepercayaan.
  2. Di lingkungan sekolah kita bentuk kepengurusan OSIS dengan melibatkan semua pemeluk agama kalau memang memungkinkan.
  3. Di lingkungan organisasi kemasyarakatan kita bentuk tim SAR, PMR/PMI tanpa membeda-bedakan agama atau kepercayaan, dan lain-lain.

Penerapan Nilai Moral Pembukaan UUD 1945 dalam Perilaku Kehidupan Sehari-hari


Seperti telah diuraikan bahwa kemerdekaan Indonesia yang kemudian ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945, kecuali merupakan hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia, juga berkat rida atau rahmat Allah Yang Mahakuasa. Berkenaan dengan itu tepat kiranya bila dalam kehidupan sehari-hari tindakan kita selalu dijiwai oleh nilai-nilai moral yang terdapat dalam pemyataan tersebut, antara lain sebagai berikut.
  1. Di lingkungan keluarga kita tanamkan atau biasakan pada seluruh anggota keluarga untuk selalu bersyukur bila mendapatkan anugerah Tuhan, inisalnya sehabis makan, ininum, dan anugerah lainnya.
  2. Di lingkungan sekolah, melalui upacara atau peringatan han-han rayĆ  nasional, kita tanamkan rasa syukur pada Tuhan dan terima kasihpada para pahlawan terdahulu dengan meningkatkan takwa dan mendoakan para pahiawan tersebut.
  3. Di lingkungan masyarakat, lewat peringatan hari-hari bersejarah, kita ajak masyarakat untuk mengenang masa lampau, memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa, dan sebagainya.
Demikian beberapa contoh penerapan nilai-nilai moral yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut dalam berbagai lingkungan kehidupan. Untuk itu, marilah kita laksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh keikhlasan.
Sumber Pustaka: Yudhistira